Jokowi Ingin Desain

– Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menginginkan perencanaan pembangunan Ibu Kota Negara Baru yang akan dibangun di Kalimantan Timur dapat menerapkan konsep smart city . Jokowi mengharapkan desain smart city Ibu Kota Negara baru Indonesia dapat menjadi pionir dan rujukan bagi negara-negara di dunia.

“Mari kita rancang ibu kota baru di Kalimantan Timur menjadi kota dan kawasan yang benar-benar smart desainnya, yang menjadi pionir kota, yang menjadi rujukan rujukan dunia,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara HUT Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia secara virtual, Sabtu (17/4/2021).

Jokowi menerangkan, Indonesia harus mempunyai kekhasan sendiri ketika membuat perencanaan wilayah maupun perencanaan kota. Terkait perencanaan, Indonesia dapat belajar dari negara-negara lain. Namun tidak hanya sekadar meng- copy saja perencanaan wilayah dan kota di negara-negara lain.

“Indonesia harus mempunyai, harus memiliki kekhasan sendiri ketika membuat perencanaan wilayah maupun perencanaan kota. Kita harus belajar dari negara-negara lain, tetapi kita tidak bisa hanya sekedar meng- copy saja perencanaan wilayah dan kota di negara lain,” ujar Jokowi.

BACA JUGA

Ini Harapan Para Ahli Profesi terhadap Ibu Kota Negara Baru

Karena, lanjut Jokowi, aspek lingkungan, aspek sosial, aspek budaya dan aspek ekonomi harus diperhitungkan dalam perencanaan kota maupun wilayah.

Salah satu yang harus dirancang dengan matang, menurut Jokowi, adalah bagaimana membangun kota yang semakin inklusif dan terbuka bagi seluruh warganya.

“Bagaimana kita merancang jalan yang aman dan nyaman untuk pejalan kaki, untuk pesepeda, untuk yang naik motor, maupun mobil. Bagaimana kita merancang Komplek pertokoan yang tidak eksklusif untuk kelas atas saja, tapi juga mix , campur dengan untuk konsumsi masyarakat bawah,” terang Jokowi.

BACA JUGA

Bangun Ibu Kota Baru, Jokowi Ajak Arsitek Duduk di Badan Otorita

“Bagaimana kita merancang yang mix antara kantor, tempat tinggal, agar tempat tinggal para pekerja tidak terlalu jauh dari tempat kerjanya. Bagaimana kita merancang desain kota yang mengamankan sungai dan membuat warganya cinta terhadap sungai-sungainya. Rumah menghadap sungai, misalnya, bisa menjadi salah satu cara yang seharusnya tertuang dalam perencanaan,” sambung Jokowi.

Kepala Negara menegaskan, desain perencanaan wilayah dan kota yang dirancang dengan matang akan berkontribusi besar terhadap kualitas hidup warganya, lingkungan, kegiatan ekonomi sosial dan budaya serta terhadap citra Indonesia di mata masyarakat internasional.

“Mari kita jadikan kota-kota di Indonesia menjadi smart city yang diawali dengan desain yang smart . Mari kita jadikan provinsi-provinsi di Indonesia menjadi smart provinsi yang diawali dengan desain yang smart. Terakhir bagi kita sama-sama menjadikan smart Indonesia,” kata Jokowi.

Berita terkait: