Joan Laporta Resmi Kembali Calonkan Diri Jadi Presiden Barcelona

Joan Laporta mengakhiri spekulasi dengan secara resmi mengumumkan kembali mencalonkan diri dalam pemilihan Presiden Klub Barcelona . Pria yang berprofesi sebagai pengacara ini sebelumnya pernah menjabat Presiden Barcelona tahun 2003-2010.

Di masa kepemimpinannya, Barca mengangkat trofi Eropa keduanya – yang pertama di era Liga Champions -, dan juga memenangkan treble pada 2009.

Laporta menyebut kampanyenya, “Estimem el Barça”, yang artinya “Kami Cinta Barca”.

“Saya mencintai Barça, saya mencintai fans, dan saya mencintai La Masia. Kami memiliki rencana untuk mengembalikan Barça ke jalur kesuksesan dan mengembalikannya ke garis depan sepakbola dunia. Itulah mengapa saya membutuhkan dukungan Anda. Kami tidak bisa memperbaiki dunia, tetapi kami bisa membuatnya sedikit lebih baik. Kami ingin melakukannya dengan kerja, semangat dan cinta. Rencana kami adalah mengembalikan kebahagiaan kepada orang-orang. Itu bukan janji pemilu belaka. Ini adalah komitmen etis, sipil, moral, sosial, dan solidaritas,” ujar Laporta.

BACA JUGA

Jika Kembali Jadi Presiden, Laporta Janji Pulangkan Guardiola ke Barcelona

Laporta menyebut mendiang Johann Cruyff dalam pidatonya, berbicara tentang bagaimana klub harus membangun fondasi yang diletakkan.

“Johan Cruyff menunjukkan jalannya kepada kami, berkat semua pengetahuannya sebagai pelatih dan pemain.”

Soal La Masia (akademi Barca), Laporta menilai “pabrik” yang banyak mengeluarkan bakat kelas dunia itu sekarang diabaikan selama beberapa tahun.

“Kita harus merenovasi La Masia . Kami akan bekerja untuk membangunnya kembali dan menjadikannya sekolah terbaik dunia sekali lagi. “

Menurut Laporta, jutaan penggemar ingin melihat panggung baru dan Barca baru. Seorang pemain harus merasakan tanggung jawab yang datang dengan mengenakan kaos Barcelona.

BACA JUGA

Pemilihan Presiden Barcelona Digelar 20-21 Maret 2021

Tentang Liga Champions – gelar yang telah hilang dari Barcelona selama beberapa tahun sekarang, dan agak spektakuler, Laporta mengatakan bahwa itu akan menjadi prioritas utama klub.

“Kami akan membahas pentingnya Liga Champions yang akan menjadi tujuan kami setiap musim.”

Soal masa depan Lionel Messi, Laporta menegaskan jika dia terpilih akan berusaha keras mempertahankan pemain asal Argentina itu.

“Saya tidak akan pernah melupakan tatapan mata anak berusia 20 tahun itu ketika saya mengatakan kepadanya bahwa dia akan menjadi kapten Barcelona dan akan mengenakan jersey nomor 10 suatu hari nanti. Tidak ada yang bisa meragukan cinta Messi untuk Barcelona. Saya belum berbicara dengan Messi, tetapi kami saling menghormati dan dia punya waktu untuk memutuskan,” tuturnya.

“Messi mencintai Barca dan saya yakin dia bisa memberi klub kesempatan. Saya akan dapat, pada waktu yang tepat, berbicara dengannya dan membantunya membuat keputusan yang tepat. Untuk menjaga agar pemain terbaik sepanjang masa bahagia, Anda harus memiliki tim yang bagus.”

Mengenai Pelatih Ronald Koeman, yang saat ini memimpin Barcelona, Laporta mengatakan dirinya begitu menghormati mantan pemain asal Belanda tersebut.

“Ronald Koeman pantas dihormati. Dia salah satu yang terhebat di Barca. Dia memiliki kontrak yang valid dan kami perlu memahami situasinya, itu sangat sulit. Dia manajer kita.”

Berita terkait: