Jepang Tegaskan Olimpiade Tokyo Tahun Ini Akan Tetap Digelar

Jepang tetap pada komitmennya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Tokyo tahun ini dan membantah laporan tentang kemungkinan pembatalan. Meskipun sebagian besar Jepang berada dalam keadaan darurat karena gelombang ketiga infeksi Covid-19, penyelenggara Olimpiade Tokyo telah berjanji untuk melanjutkan Olimpiade yang dijadwalkan ulang.

Dijadwalkan olimpiade Tokyo 2020 akan digelar mulai 23 Juli 2021 setelah ditunda selama setahu karena virus corona.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan pemberitaan di koran Times Inggris yang menyebutkan Pemerintah Jepang berencana membatalkan perhelatan olimpiade sama sekali tidak benar.

Dalam pemberitaan tersebut, The Times , mengutip seorang anggota senior tak dikenal dari koalisi yang berkuasa, mengatakan fokus pemerintah sekarang adalah mengamankan Olimpiade untuk Tokyo di tahun yang tersedia berikutnya yakni tahun 2032.

“Kami dengan jelas akan menolak laporan tersebut,” Wakil Ketua Sekretaris Kabinet Manabu Sakai mengatakan pada konferensi pers.

BACA JUGA

Jepang Akan Perluas Keadaan Darurat Covid-19

Kepala Komite Olimpiade Jepang Yasuhiro Yamashita juga mengatakan laporan Times itu salah dan hoaks. Hal senada juga dikatakan Gubernur Tokyo, Yuriko Koike yang mengatakan tidak ada pembicaraan tentang pembatalan atau penundaan Olimpiade dan protes harus diajukan atas laporan Times .

Panitia penyelenggara Olimpiade juga membantah laporan itu, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mitranya termasuk pemerintah dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) sepenuhnya fokus untuk menyelenggarakan pertandingan sesuai jadwal.

“Sangat mengecewakan melihat Times mengembangkan berita seperti tabloid dengan sumber yang tidak dapat dipercaya.
Pemerintah pusat berkomitmen penuh untuk menyelenggarakan olimpiade yang aman dan terjamin, dan kami selalu didorong oleh dedikasinya,” kata sumber dari panitia penyelenggara.

Sementara itu Komite Olimpiade Australia dan Amerika mengatakan bahwa mereka mempersiapkan olimpiade sesuai rencana.

“Sayangnya, saya perlu mengatasi rumor yang tidak berdasar bahwa Olimpiade Tokyo akan dibatalkan. Rumor yang hanya membuat lebih banyak kecemasan bagi para atlet,” kata Matt Carroll, kepala eksekutif komite Australia, kepada wartawan di Sydney.

Berita terkait: