Jepang Akan Perluas Keadaan Darurat Covid-19

Pemerintah Jepang berencana memperluas keadaan darurat yang diumumkan untuk wilayah Tokyo pekan lalu menjadi tujuh prefektur tambahan pada Rabu (13/1/2021).

Hal itu dilakukan dalam upaya membendung penyebaran Covid-19. Demikian dilaporkan NHK.

Disebutkan, langkah tersebut dilakukan setelah Gubernur Osaka, Hyogo, Aichi, dan prefektur terpukul lainnya, meminta pemerintah mengeluarkan keadaan darurat, yang memberi otoritas lokal dasar hukum untuk membatasi pergerakan penduduk dan aktivitas bisnis.

Perdana Menteri Yoshihide Suga telah berhati-hati dalam mengambil tindakan yang akan menghambat aktivitas ekonomi.

Sebelumnya, ia telah berani menghadapi tantangan yang meningkat dari penyelenggaraan Olimpiade di Tokyo yang tertunda tahun ini.

Ketika infeksi virus corona melambung ke rekor tertinggi dalam gelombang ketiga di Jepang, jajak pendapat menunjukkan, masyarakat semakin menentang untuk digelarnya kegiatan akbar musim panas tahun ini.

Dalam survei NHK yang diterbitkan pada Rabu (13/1/2021), hanya 16 persen responden mengatakan Olimpiade harus dilanjutkan tahun ini. Jumlah itu turun 11 poin dari jajak pendapat sebelumnya pada bulan lalu. Sisanya, 77 persen berpikir Olimpiade harus dibatalkan atau ditunda.

Berita terkait: