Jelang Berangkat ke UEA,

Pemain dan ofisial tim nasional U-16 Indonesia menjalani tes usap (swab test) Covid-19 di Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (17/10/2020) sebelum bertolak ke Uni Emirat Arab (UEA), Senin (19/10/2020) untuk menjalani laga uji coba internasional.

Tes tersebut wajib dilakukan karena masih tingginya kasus Covid-19 baik di Indonesia maupun UEA.

“Pemain dan ofisial harus di swab PCR sebelum berangkat ke Uni Emirat Arab. Mereka menjalani swab dua kali, di daerah asal dan sebelum keberangkatan. Kasus Covid-19 di Indonesia dan Uni Emirat Arab masih tinggi, jadi protokol kesehatan menyangkut ‘swab’ wajib dilaksanakan,” ujar dokter Kepala Tim Medis PSSI dokter Syarif Alwi dilansir situs PSSI.

Belum diketahui kapan hasil tes usap ini akan diumumkan. Namun, PSSI menginginkan semua yang berangkat ke UEA dalam keadaan sehat agar tidak menularkan virus ke yang lain.

Bek timnas U-16 Indonesia, Muhammad Tezar Briantama menyambut baik pelaksanaan tes usap tersebut agar semua pihak dapat saling menjaga.

“Kita bisa jadi tahu kalo diri kita kena Covid-19 atau tidak. Terlebih kita akan berangkat ke luar negeri. Jadi penting untuk memastikan teman-teman dan ofisial tim aman dan tidak terkena Covid-19,” tutur dia.

Tim nasional U-16 Indonesia selama UEA akan menjalani dua pertandingan yang semuanya melawan timnas setempat. Pertandingan berlangsung 21 dan 24 Oktober 2020. Setelah itu, skuat asuhan pelatih Bima Sakti kembali ke Indonesia, Minggu (25/10).

Setelah itu, timnas U-16 Indonesia akan melanjutkan pemusatan latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, 26 Oktober hingga 8 November.

Pemusatan latihan dan uji coba menjadi persiapan timnas U-16 menuju Piala Asia U-16 di Bahrain awal 2021. Sejatinya turnamen itu dilaksanakan di tempat yang sama, 25 November-12 Desember, tetapi ditunda oleh AFC karena pandemi Covid-19.

Di turnamen tersebut, Indonesia bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, Tiongkok dan juara bertahan, Jepang.

Berita terkait: