Jangan Sembarangan, Begini Tips Mencuci Wajah Sesuai Jenis Kulit!

– Mencuci wajah merupakan tugas yang terlihat sangat mudah. Padahal mencuci wajah juga perlu memerhatikan banyak aspek.

Mencuci wajah dengan cara yang tidak tepat, seperti terlalu sering atau bahkan terlalu jarang, bisa menyebabkan kulit iritasi , kering dan berjerawat . Maka penting untuk menyesuaikan seberapa sering mencuci wajah.

Selain itu, merawat kulit juga harus disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Hal ini karena tiap kulit tidak diciptakan sama dan memiliki perawatan yang berbeda. Berikut tips cara mencuci wajah berdasarkan jenis kulit Anda, seperti dilansir dari Times of India,

Untuk kulit berminyak: Anda harus mencari pembersih wajah berbahan busa atau gel pembersih. Pilih produk berbahan busa yang sangat membersihkan tanpa mengupas kulit dari semua minyak. Jika kulit Anda rentan berjerawat, pembersih adalah cara yang bagus untuk mengaplikasikan bahan aktif ke kulit tanpa membuatnya terlalu lama.

Baca Juga: Sudah Habis Rp180 Juta, Jerawat Wanita Ini Rupanya Sembuh dengan Diet Vegan

Pembersihan ganda dengan minyak diikuti dengan pembersih berbasis air sangat ideal untuk menghilangkan sebum dan kotoran. Kemudian, lakukan menepuk-nepuk kulit hingga kering dan mengoleskan toner setelah dibersihkan akan membantu.

Untuk kulit kering: Kulit kering memerlukan perawatan khusus karena mencucinya dengan produk yang salah hanya akan memperburuk kulit yang mengelupas dan kering. Dianjurkan untuk memilih produk yang bebas alkohol dan memberikan hidrasi pada kulit.

Pastikan produk tersebut juga bebas paraben dan pewangi. Saat bepergian, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak wajah lalu menyekanya dengan tisu bebas alkohol saat Anda ingin membersihkan wajah. Cuci pembersih gel atau balm Anda dengan memercikkan air ke wajah Anda dan tepuk-tepuk untuk mengeringkan kulit Anda dengan handuk bersih.

Untuk kulit kombinasi: Hindari produk yang terlalu kuat karena dapat menghilangkan minyak alami kulit. Kulit kombinasi membutuhkan produk yang seimbang karena bagian kulit tertentu kering sementara zona T dan dagu menjadi berminyak.

Gunakan pembersih wajah berbahan dasar gel yang membersihkan wajah tanpa membuatnya kering. Micellar water merupakan pilihan efektif untuk membersihkan jenis kulit ini. Gunakan scrub pengelupas setidaknya dua kali seminggu setelah mencuci muka.

Baca Juga: Masih Bingung Memilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat? Ini Kata Ahli

Ini membersihkan penumpukan minyak di kulit kombinasi. Oleskan toner bebas alkohol setelah mencuci wajah karena dapat membantu menghilangkan sisa-sisa penumpukan di pori-pori.

Lalu, pijat scrub dengan lembut di atas kulit kasar yang tersumbat untuk menghilangkan kotoran dan penumpukan minyak sebelum mencucinya. Tepuk-tepuk wajah Anda dan lanjutkan dengan toner.

Berita terkait: