Jakarta Waspada Banjir, Bogor Hujan Katulampa Siaga 3

Warga sepanjang bantaran Ciliwung diminta waspada, pada Senin (22/2/2021) tinggi muka air (TMA) di Bendung Katulampa naik menjadi 90 sentimeter atau dalam status siaga 3.

Kepala pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman menuturkan, pada Senin pagi, posisi TMA di Bandung Katulampa masih dalam kategori aman dengan ketinggian 40 cm (batas 50 cm).

“Pukul 07.00, TMA masih 40 cm, bahkan sempat menyusut di ketinggian 30 cm pada siang hari. Hujan sekitar pukul 15.00 dan TMA mulai bergerak naik, hingga pukul 17.00 terpantau 90 sentimeter atau dalam siaga 3,” kata Andi mengkonfirmasi, Senin petang.

BACA JUGA

Musim Hujan, Warga Keluhkan Jalan Rusak di Kota Bogor

Sementara, TMA di Pintu Air Panus, Depok ketinggian air masih dalam keadaan normal 115 cm dari batas aman 125 cm dan kondisi cuaca di Depok masih terpantau mendung.

Demikian juga dengan Pintu Air Manggarai, TMA juga masih dalam keadaan normal 655 cm di bawah ambang batas yakni 750 cm. Kondisi di Manggarai pun masih terpantau cerah.

BACA JUGA

Temukan Penyebab Banjir Jakarta Sejak 2020, Bima Arya: Surat Rekomendasi Saya ke Anies Belum Dijawab

Kenaikan drastis TMA bertepatan dengan wilayah Bogor yang diguyur hujan sejak pukul 15.00 dan bertahan hingga saat ini di hulu atau Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

“Untuk itu, masyarakat di bantaran Ciliwung diimbau waspada mengingat prakiraan hujan terjadi sepanjang hari ini dan bisa meningkatkan tinggi air di bendung secara tiba-tiba,” tambah Andi.

Berita terkait: