Jadi Juri Grand Final, Sri Mulyani Minta Peserta Manfaatkan Aset Negara Lebih Optimal

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menjadi dewan juri kehormatan dalam acara Grand Final Kompetisi The Asset Manager 2020. Dalam kesempatan itu, dia meminta kepada seluruh peserta agar bisa memanfaatkan aset negara dengan lebih optimal.

Dia mengatakan, selama ini pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) banyak melakukan pembangunan. Mulai dari jalan, jalur kereta api, gedung pemerintah, fasilitas umum seperti terminal dan lain-lain itu adalah aset milik negara.

“Dengan anggaran kita mendapatkan aset namun tidak berhenti setelah dibangun, maka kita harus berpikir keras bagaimana memanfaatkan,” kata Sri Mulyani dalam sambutannya, Selasa (24/11).

Dia mencontohkan, selama ini banyak gedung-gedung sudah dibangun oleh pemerintah, mulai dari gedung diklat, kampus, hingga rumah sakit. Namun setelah gedung-gedung tersebut selesai, pemanfaatannya kurang optimal.

“Itu perlu terus dioptimalkan ini butuh manager atau kelompok manajer yang memiliki ide kreatif, inovatif, berpikir kritis, tapi produktif. Gimana caranya agar aset ini bisa optimal bisa kerja asetnya tidak berhenti. Saya selalu gunakan kata asetnya bekerja,” katanya.

Bendahara Negara itu menekankan pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki rasa, motivasi, bahwa dia punya keresahan terhadap aset-aset negara. Sehingga tercipta pola pikir yang untuk menggunakan sekaligus memanfaatkan aset menjadi nilai tambah.

“Tidak selalu dalam bentuk uang. Bisa lokasi dijadikan taman sehingga masyarakat bisa interaksi sehingga bermanfaat sosial, fasilitas umum, jualan atau berbagai hal itu yang menurut saya selalu dipikirkan sehingga aset setelah diperoleh dari uang negara tetap kerja keras sehingga kembalikan uang yang dia terima,” jelas dia.

Berita terkait: