Intip Karier 3 Anak Mantan Kapolri di Kepolisian, Ada yang masuk Lingkaran Istana

Berkarier di Ke polisi an Negara Republik Indonesia ( Polri ) merupakan impian banyak orang. Mengabdi untuk negara menjadi sebuah cita-cita yang kerap diharapkan oleh anak-anak di semua kalangan.

Apalagi bila terlahir dari keluarga kalangan polisi, wajar bila memiliki harapan karier yang sama. Termasuk bagi tiga anak para mantan Kapolri berikut ini.

Sepak terjang dan perjalanan kariernya begitu cemerlang. Hingga tak diragukan lagi dalam bertugas. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

Kombes Adi Vivid Agustiadi Bachtiar

Sosok yang pertama ialah Adi Vivid Agustiadi Bachtiar, seorang perwira menengah Polri. Sejak 2019 ia telah mengemban amanat sebagai Pamen SSDM Polri (penugasan di Setmilpres sebagai Ajudan Presiden RI).

anak mantan kapolri di kepolisian

©2020

Adi merupakan putra dari Jenderal Polisi (Purn) Da’i Bachtiar. Namanya mencuat di publik sebagai Kapolri masa jabatan 2001-2005. Selain itu, Da’i Bachtiar juga pernah mengenyam tugas menjadi Duta Besar Indonesia untuk Malaysia periode 2012.

Kombes Pol Adi merupakan lulusan pertama dari angkatannya, Akpol 1998. Sebelum menjadi ajudan Presiden Joko Widodo, pria berusia 43 tahun ini juga pernah menjabat tugas penting, di antaranya Wakapolres Metro Jakarta Utara, Kapolres Cirebon Kota, dan Kapolres Tegal.

Ipda Danny Sutarman

anak mantan kapolri di kepolisian

Ipda Danny sebelah kiri, Instagram @dannyariefs ©2020

Kanit Turjawali Ipda Danny Sutarman sempat viral di media sosial akhir tahun 2019 lalu. Lantaran ia berani mengambil keputusan cepat, melakukan diskresi untuk membantu warga.
Dewi, warga Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, hampir saja melahirkan di dalam mobil karena terjebak sistem satu arah di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/11/2019).

Putra mantan Kapolri Jenderal (Purn) Sutarman dengan sigap mengawal seorang ibu yang hendak melahirkan.

Ipda Danny selaku Kanit Turjawali segera mengawal mobil Kiki dan Dewi. Mereka membelah arus dan berhasil tiba d RSUD Ciawi sekitar pukul 11.20 WIB.

“Kita inisiatif untuk mengawal agar ibu ini bisa sampai ke RSUD Ciawi. Akhirnya mereka tiba sekitar pukul 11.20 WIB dan langsung ditangani oleh pihak rumah sakit,” ucap Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Fadli M Amri dalam wawancara Minggu (1/12/2019).

Perlu diketahui, Danny merupakan putra bungsu dari Kapolri masa jabatan 2013-2015, Jenderal Polisi (Purn) Sutarman. Selain itua ia juga pernah mengemban jabatan penting lain, seperti Ajudan Presiden Abdurrahman Wahid, Kapolda Jawa Barat, Kapolda Metro Jaya dan Kabareskrim Polri.

Farouk Ashadi Haiti

anak mantan kapolri di kepolisian

©2020

Sosok selanjutnya ialah Ipda Farouk Ashadi Haiti. Ia sempat menjabat sebagai Kepala Subunit II Direktorat Tindak Pidana Tertentu di Polrestabes Surabaya , pada 2015 lalu.

Farouk merupakan putra sulung dari Jenderal Polisi (Purn) Badrodin Haiti yang menggantikan Jenderal Polisi Sutarman kala itu.

Sepak terjangnya di kepolisian terbilang apik. Sejak mengenyam pendidikan, Badrodin bisa meraih Adhi Makayasa, menjadi alumnus terbaik AKABRI Kepolisian 1982.

Dalam waktu singkat, kenaikan jabatannya patut diacungi jempol. Setelah menjabat Kapolda Jawa Timur, sekitar tujuh bulan kemudian ditarik menjadi Koorsahli Kapolri di Mabes Polri. Badrodin menjadi orang nomor dua (Wakapolri) di Korps Bhayangkara.

Tak beda jauh dengan sang ayah, Ipda Farouk yang jarangtersorot memang mengaku tak mau membawa embel-embel nama ayah untuk mendapat karier cemerlangdi kepolisian. Perwira Akademi Kepolisian angkatan 2012 itu mampu meniti karier yang baik pula, hingga bisa menjadi Kepala Subunit II Polrestabes Surabaya.

Berita terkait: