Inkowapi: Ubah pola bisnis ke digital keharusan

Jakarta – Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) menyatakan bahwa mengubah pola bisnis dengan mengadopsi dan beradaptasi dengan teknologi digital sudah menjadi keharusan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar bisa bertahan di tengah pandemi. 

“Di masa pandemi, sudah menjadi keharusan bagi anggota Inkowapi untuk mengubah pola bisnis, agar bisa terus bertahan dan beradaptasi dengan kondisi terkini, salah satunya dengan memahami dan mengadaptasi teknologi digital,” kata Ketua Umum Inkowapi Sharmila Yahya dalam pernyataannya terkait kerja sama Inkowapi dan Gojek, dikutip Rabu. 

Sharmila optimistis bahwa kolaborasi dengan platform digital bisa menggali potensi yang luar biasa dari pada pengusaha perempuan di ekosistem Inkowapi yang semakin tumbuh.

“Ratusan pelaku usaha perempuan yang kami latih ini tentunya menjadi awal yang sangat baik untuk dukungan kita bersama terhadap ekosistem UMKM di Indonesia secara keseluruhan. Kami berharap lebih banyak lagi perempuan yang bisa kita fasilitasi dan tingkatkan kapasitasnya dalam berbisnis di era digital,” kata Sharmila menambahkan.

Baca juga: Inklusi keuangan digital di e-commerce meningkat selama pandemi

Platform digital semakin menjadi andalan para pelaku UMKM untuk menjangkau pelanggan dan meningkatkan omset. Bagi pengusaha perempuan, teknologi digital turut membantu bisnis mereka lebih berdaya tahan dan bahkan tumbuh di tengah pandemi.

Demi mendukung semakin banyak pelaku UMKM dan pengusaha perempuan yang maju, Gojek dan Inkowapi bekerja sama lewat pembinaan strategi pengelolaan bisnis menggunakan teknologi di ekosistem untuk ratusan pelaku usaha dari seluruh Indonesia.

“Kolaborasi kami dengan Inkowapi merupakan bagian dari inisiatif #MelajuBersamaGojek yang mendukung pelaku UMKM Indonesia di berbagai skala usaha untuk mengembangkan bisnis mereka dengan solusi yang lengkap dan inklusif, mencakup dukungan teknologi dan non-teknologi,” kata Vice President Marketing Gojek, Bayu Ramadhan.

Bersama Inkowapi, Gojek akan membagikan langkah-langkah sukses berbisnis digital menggunakan GoBiz, aplikasi super bagi mitra usaha Gojek. “Kami berharap, kolaborasi ini dapat memberikan kesempatan serta manfaat bagi para pengusaha perempuan di bawah naungan Inkowapi, dan ikut serta membangkitkan geliat sektor UMKM yang perannya sangat penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia,” katanya.

Kerja sama Gojek dan Inkowapi diawali dengan pelatihan yang diadakan secara daring dan dihadiri oleh ratusan usaha pengusaha perempuan di bawah naungan Inkowapi. Pelatihan dilanjutkan dengan presentasi dan tanya jawab dengan pemilik Bee’s Juice and Kitchen, mitra usaha GoFood di Surabaya, tentang tips pemasaran produk secara kreatif, resep menjadi andalan pelanggan, dan kesuksesan mengembangkan bisnis digital.

Berdasarkan laporan berjudul “Memanfaatkan Digitalisasi untuk Menghadapi COVID-19” dari UN Women, lebih dari 80 persen usaha skala mikro dan kecil telah menggunakan platform digital sebagai strategi penanggulangan dampak pandemi terhadap bisnis mereka.

Baca juga: Memacu digitalisasi UMKM sebagai ikhtiar tumbuhkan perekonomian

Baca juga: Dorong 500.000 eksportir,pelaku usaha diminta manfaatkan digitalisasi

Baca juga: Pelaku UKM agar manfaatkan situasi pandemi untuk transformasi digital

Berita terkait: