Ini yang Bikin Kopi Lokal Dijual dengan Harga Tinggi

Tidak sedikit orang mempertanyakan alasan kopi nusantara dibandrol harga tinggi. Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, Syafrudin mengatakan harga tinggi pada penjualan kopi sangrai sebagai bentuk apresiasi kepada petani kopi.

“Kopi Indonesia mahal dibandingkan kopi lain karena terkandung nilai kerja dari petani kopi,” kata Syafrudin dalam acara Dialog Kopi: Kulak Kulik Nikmatnya Bisnis Kopi, Jakarta , Sabtu, (21/11).

Dia menilai, kopi nusantara yang dijual tidak begitu mahal sebab ada proses panjang dari biji kopi sebelum tersaji dalam secangkir kopi. “Tidak begitu mahal, ini sebagai dukungan terhadap petani kopi dan menghargai proses panjang dari kopi itu sendiri,” sambung Syafrudin.

Menurut Syafrudin, dengan membayar kopi dengan harga sedikit lebih tinggi, ini bermakna memberi dukungan bagi para petani kopi. Sebab, kopi terbaik yang dihasilkan petani sebanding dengan proses panjang yang dilaluinya.

Semisal lokasi perkebunan kopi yang sulit diakses karena berada diketinggian. Proses pengolahan kopi yang panjang setelah dipetik dari pohonnya. “Bagi kita itu sebagai pengorbanan yang mereka sumbangkan presentasikan dan persembahkan kepada kita,” kata dia.

Selain itu, kopi nusantara juga memiliki cita rasa unik dibandingkan dengan kopi dari luar negeri. Rasa unik ini sepadan dengan harga yang dijual.

“Faktor mahal akan dikalahkan dengan rasa keragaman kopi dari ragam pulau, proses rasa yang bisa diciptakan dari prosesnya tersebut,” kata dia.

Berita terkait: