Ini Sisa Tempat Tidur ICU dan Isolasi Rumah Sakit Rujukan COVID-19 DKI

Jakarta, – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memperbarui data keterisian tempat tidur isolasi dan Ruang Perawatan Intensif (ICU) di 98 rumah sakit rujukan pasien COVID-19.

Hingga Minggu, 11 Oktober 2020, tempat tidur isolasi harian di 98 rumah sakit rujukan pasien COVID-19 telah terisi 64 persen dan ICU terpakai 71 persen.

Lalu, berapa yang tersisa?

Baca Juga: Haru! Balita 2 Tahun Menangis Sendiri di Ruang Isolasi RS Wisma Atlet 

1. Kapasitas tempat tidur isolasi harian terpakai 36 persen

Ini Sisa Tempat Tidur ICU dan Isolasi Rumah Sakit Rujukan COVID-19 DKIIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Pada grafik data yang ditampilkan, tempat tidur isolasi harian di 98 rumah sakit rujukan di Jakarta memiliki kapasitas maksimal 5.721 tempat tidur. Dari jumlah itu, Pemprov DKI Jakarta mencatat kapasitas yang telah terpakai mencapai 3.689 tempat tidur.

Karena terpakai 64 persen, kapasitas tempat tidur isolasi di 98 rumah sakit rujukan tersisa 36 persen. Jumlah tersebut setara dengan 2.032 tempat tidur.

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Amnesty: Lebih dari 150 Demonstran Penolak UU Cipta Kerja Ditangkap
  • Keutamaan Mandi Jumat, dapat Ampunan dan Pahala Seperti Berkurban
  • KontraS Data Orang Hilang dan Ditahan Saat Demo

2. Kapasitas tempat tidur ICU tersisa 29 persen

Ini Sisa Tempat Tidur ICU dan Isolasi Rumah Sakit Rujukan COVID-19 DKIIlustrasi rumah sakit. /Dokumentasi RSUDAM

Sementara, Pemprov DKI Jakarta saat ini memiliki 770 tempat tidur ICU di 98 rumah sakit rujukan pasien COVID-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 543 tempat tidurnya masih terisi.

Karena terpakai 71 persen, artinya kapasitas ICU di 98 rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta tersisa 29 persen. Jika dihitung selisihnya, maka saat ini tersisa 227 tempat tidur ICU.

3. Rumah sakit rujukan pasien COVID-19 terbanyak ada di Jakarta Timur dan Jakarta Pusat

Ini Sisa Tempat Tidur ICU dan Isolasi Rumah Sakit Rujukan COVID-19 DKIRSUP Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Instagram.com/rscm.official)

Sebanyak 98 rumah sakit rujukan COVID-19 itu tersebar di Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat.

Wilayah dengan jumlah rumah sakit rujukan pasien COVID-19 terbanyak ada di Jakarta Timur dengan total 23, dan Jakarta Pusat total 21 rumah sakit.

Baca Juga: Menkes: Masih Ada 2.110 Bed di Ruang Isolasi dan 253 ICU di Jakarta

Berita terkait: