Ini Perbedaan Pacuan Baru Alfa Romeo C41 dengan Pendahulunya

Tim Formula Satu (F1) Alfa Romeo pada Senin (22/2/2021) waktu setempat meluncurkan mobil balap baru mereka C41 untuk musim 2021 di Warsawa, Polandia.

Jika disimak, sasis C41 memiliki kesamaan dengan mobil tim di musim sebelumnya C39. Namun ada sejumlah perbedaan penting yang ditunjukkan oleh pimpinan tim Alfa Romeo Frederic Vasseur.

“Filosofinya C41 ini sama dengan mobil pendahulunya. Namun tim kami berhasil melakukan sejumlah perubahan, dengan aerodinamika yang dibutuhkan terkait aturan baru untuk mengurangi downforce ”.

BACA JUGA

Ini Jadwal Peluncuran Mobil F1 untuk Balapan Musim 2021

Perubahan yang tampak jelas ada di bagian depan sasis, di mana hidung kendaraan menjadi lebih ramping. Tim Alfa Romeo tampaknya kini mengikuti tren hidung kendaraan lebih ramping seperti yang dilakukan pada sasis mobil balap F1 tim lain.

Selain itu Alfa Romeo juga melakukan perubahan ulang untuk suspensi mobil pacuan barunya.

Meski hampir sama seperti asis C39, namun C41 mendapat unit tenaga (mesin) baru dari Ferrari. Ini yang menjadi fokus kerja ekstensi tim untuk bisa menyatukan sasis yang bekerja optimal dengan mesinnya. Selain itu Alfa Romeo juga mempertahankan girboks Ferrari seperti pada musim lalu.

Berbeda dengan tim Haas yang juga memakai mesin Ferrari, tim Alfa Romeo terus melakukan pengembangan sasis mereka. Beberapa perubahan lain terjadi sebagai hasil dari aturan aerodinamis baru. Ini termasuk pengurangan ketinggian diffuser di bawah sayap belakang.

Berita terkait: