Ini Penjelasan Pihak Kebun Binatang Jatim Soal Harimau Viral Karena Kurus

Kebun Binatang Jatim akhirnya buka suara setelah beredarnya video seekor harimau viral di media sosial. Bukan tanpa alasan, satwa yang identik dengan tubuh besar ini tampak kurus kering dalam video viral tersebut.

Melalui dokter hewan yang menangani satwa-satwa di Kebun Binatang Jatim, ini diakibatkan oleh dua faktor. Melansir dari akun Instagram ndorobeii, Selasa (8/9/2020), berikut penjelasan dari dokter hewan Kebun Binatang Jatim terkait video harimau kurus yang viral di media sosial.

1 dari 9 halaman

Ada Dua Faktor

Kebun Binatang Jatim akhirnya buka suara setelah beredarnya video seekor harimau di media sosial. Melalui dokter hewan yang menangani satwa-satwa di Kebun Binatang Jatim, ini diakibatkan oleh dua faktor.

penjelasan pihak kebun binatang jatim soal harimau viral

Instagram @ndorobeii ©2020

“Mau mengonfirmasi terkait video yang lagi viral, harimau Sumatera yang ekornya buntung itu kok kelihatan dari video kok kurus. Mohon penjelasan dari bu dokter,” tanya salah satu pihak ke polisi an yang langsung mendatangi Kebun Binatang Jatim.

“Pertama-tama saya kenalkan dulu ya pak. Nama saya Lely, saya kebetulan dokter hewan di Maharani Zoo. Saya yang menangani satwa-satwa yang ada di Maharani Zoo, terkait dengan foto atau video ya pak. Jadi itu ada kemungkinan dua hal pak yang kita cermati,” ujar dokter hewan Lely.

2 dari 9 halaman

Faktor Pertama

Faktor pertama yang dikemukakan yakni pada pengambilan video. Dikatakan jarak jembatan dan habitat harimau tersebut lumayan tinggi sekitar 5-6 meter.

penjelasan pihak kebun binatang jatim soal harimau viral

Instagram @ndorobeii ©2020

“Pertama, pengambilan video pada saat itu kan di ketinggian yang lumayan tinggi ya pak. Sekitar 5-6 meter antara jembatan sampai di bawah habitatnya,” ungkapnya.

“Kemungkinan kan itu. Jadi jaraknya kan lumayan jauh jadi kelihatan mungkin agak kecil Bapak. Itu yang pertama,” tambahnya.

3 dari 9 halaman

Faktor Kedua

Kemungkinan kedua yakni harimau Sumatera tersebut belum makan saat diambil videonya. Sebab, mereka sendiri tak tahu kapan tepatnya video tersebut diambil.

penjelasan pihak kebun binatang jatim soal harimau viral

Instagram @ndorobeii ©2020

“Yang kedua, kemungkinan satwa ini memang belum makan Bapak. Karena pada waktu pengambilan itu kita enggak tahu kan jam berapa. Makannya satwa-satwa kita ini, yang harimau ini itu makannya sekitar setengah empat. Jam setengah empat,” sambung dokter hewan Lely.

“Setengah empat sore ini sama?,” tanya Bapak Polisi .

“Iya setengah empat sore, sehari cuma sekali Bapak. Sekitar 5-6 kilo daging,” sambungnya.

4 dari 9 halaman

Tiga Macam Daging

Menurutnya, pihak Kebun Binatang sudah memberikan makan dengan benar kepada satwa-satwa khususnya harimau yang viral tersebut. Bahkan, dikatakan Kebun Binatang memberikan tiga macam daging untuk harimau itu.

penjelasan pihak kebun binatang jatim soal harimau viral

Instagram @ndorobeii ©2020

“Kita pakai juga tiga macam daging Bapak. Ada daging ayam, daging sapi dan ada daging kambing juga. Seperti yang Bapak lihat tadi kan, kita tadi lihat pas makan kan Pak? Ada tulangnya juga, dagingnya juga gitu pak,” paparnya.

“Jadi kelihatannya beda ya sama video yang viral dengan itu,” kata Pak Polisi.

“Iya, tadi kan Bapak lihat sendiri pas di depannya kan Pak. Kan terlihat bedanya, ya mungkin karena itu pak,” lanjutnya.

5 dari 9 halaman

Tak Ada Pengurangan Makanan

Dokter Hewan Lely juga menegaskan pihaknya tidak mengurangi jatah makanan satwa-satwa. Terutama pada harimau Sumatera tersebut.

penjelasan pihak kebun binatang jatim soal harimau viral

Instagram @ndorobeii ©2020

“Terima kasih bu dokter. Semoga di Maharani Zoo tidak ada pengurangan (makanan),” kata bapak polisi.

“Amin, Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada pengurangan makan, tidak ada pak. Jadi makan untuk satwa-satwa kami tetap seperti biasa meskipun sekarang lagi pandemi. Jadi kami memang untuk satwa tetap prioritaskan,” tegasnya.

6 dari 9 halaman

Video Viral di Media Sosial

Dilansir dari akun Instagram @ndorobeii, akun tersebut membagikan sebuah video yang memperlihatkan kondisi seekor harimau. Perut harimau dalam video tersebut tampak begitu kurus.

viral harimau di kebun binatang jatim

Instagram @ndorobeii @wajibbacacom

Unggahan akun @ndorobeii tersebut telah dilihat lebih dari 131 ribu kali dan mendapat beragam komentar dari para netizen.

7 dari 9 halaman

Perut Harimau Begitu Kurus

Melalui unggahan tersebut, terlihat seekor harimau yang berada di sebuah kebun binatang. Perut harimau itu tampak begitu kurus dan memprihatinkan.

viral harimau di kebun binatang jatim

Instagram @ndorobeii @wajibbacacom

“Ya Allah gak tega lihat perutnya,” tulis keterangan dalam video.

8 dari 9 halaman

Berada di Kebun Binatang Lamongan Jawa Timur

Berdasarkan informasi akun @ndorobeii, diketahui harimau tersebut berada di Kebun Binatang Maharani Zoo & Goa di Lamongan Jawa Timur.

viral harimau di kebun binatang jatim

Instagram @ndorobeii @wajibbacacom

“Lokasi : Kebun Binatang Maharani Zoo & Goa di Lamongan Jawa Timur,” dikutip dari @ndorobeii.

9 dari 9 halaman

Video Penjelasan dari Pihak Kebun Binatang

      View this post on Instagram

pihak berwajib bergerak cepat https://m.facebook.com/groups/264498847283178?view=permalink&id=120379805335324

A post shared by 𝕹𝖉𝖔𝖗𝖔𝖇𝖊𝖎𝖎 (@ndorobeii) onSep 7, 2020 at 10:11am PDT

[tan]