Ini Empat Kategori Jualan yang Bakal Ramai di Bulan Ramadan

– Walau masih dalam kondisi pandemi, Ramadan diperkirakan akan menjadi momentum masyarakat untuk berbelanja. Namun, kondisi pandemi diperkirakan juga mempengaruhi kategori yang diburu masyarakat selama Ramadan. Bahkan, iPrice mencatat ada empat kategori yang bakal menjadi buruan selama Ramadan. Apa sajakah itu?

Dea Vivin Devita, Senior Content Marketing iPrice Group, mengatakan momentum Ramadan menjadi sangat penting bagi ritel dan konsumsi, baik di pihak pelanggan dan seller . Dikarenakan Ramadan tahun ini akan juga berbeda, pergantian pola hidup dan cara berinteraksi sosial berdampak juga pada daya dan habit berbelanja. Pada 2018, kategori seperti tiket pesawat, tiket kereta dan voucher hotel masih menjadi keyword paling populer selama Ramadan.

Namun, lanjut Dea, berkaca dari 2020, riset iPrice menemukan akan ada empat kategori yang menjadi buruan pada Ramadan 2021. Pertama, fashion seperti mukena, rabbani, dan kerudung akan menjadi tren. Kedua, elektronik terutama smartphone diperkirakan akan tinggi peminatnya. Ketiga, kebutuhan rumah tangga, terlebih hiasan dinding yang mengalami peningkatan sejak akhir tahun lalu. Terakhir adalah kue Lebaran menjadi kategori paling banyak dibeli pada saat berbelanja kebutuhan Ramadan dan hari raya.

“Tak hanya kue Lebaran saja, minuman kemasan juga akan menjadi buruan. Malah biasanya meningkat minat belinya hingga lebih dari 8000% dari bulan sebelumnya,” ungkapnya di sela virtual konferensi pers Blibli, Rabu (7/4/2021).

BACA JUGA

Dua Kali Lebaran, Tampaknya Sektor Ritel Masih Akan Tertekan

Sementara itu, Vice President Business Development Blibli Cindy Kalensang mengatakan permintaan pelanggan di Blibli konsisten meningkat saat Ramadan. Rata-rata volume order harian di Blibli meningkat dua kali lipat selama Ramadan 2020 jika dibanding hari biasa, di mana pelanggan paling banyak membeli produk berupa makanan dan minuman, handphone, suplemen Kesehatan, dan Fashion Muslim. “Pelanggan yang berbelanja online pun berasal dari berbagai kota, di mana kami melihat lonjakan order yang sangat signifikan dari pelanggan di Bandung, Bantul, Kudus, Palembang, dan Denpasar selama Ramadan 2020 jika dibandingkan dengan Ramadan 2019,” jelasnya.

Lebih lanjut Cindy mengatakan berbagai riset menunjukkan bahwa tingkat keyakinan masyarakat akan pemulihan ekonomi semakin meningkat memasuki tahun 2021. Optimisme ini diharapkan akan ikut berpengaruh terhadap antusiasme masyarakat merayakan bulan Ramadan dan Idulfitri. Tingkat konsumsi pelanggan untuk bermacam-macam produk, mulai dari sembako hingga pakaian, meningkat signifikan selama Ramadan. Sebab itu, dengan semangat #HikmahRamadhan, pihaknya meluncurkan layanan pengiriman 2 jam agar pelanggan bisa dengan cepat menerima belanjaan mereka.

“Selain itu, kami menghadirkan festival belanja agar pelanggan bisa mendapatkan apapun yang mereka butuhkan untuk menjadikan Ramadhan tahun ini penuh hikmah,” tutupnya.

Berita terkait: