Ini Cara AirAsia Indonesia Terapkan Protokol Kesehatan

AirAsia Indonesia berkomitmen menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang dikeluarkan oleh pemerintah

Direktur Keselamatan Penerbangan AirAsia Indonesia, Capt. Achmad Sadikin menuturkan, protokol kesehatan sudah dilakukan baik di darat maupun di udara dan sesuai dengan langkah-langkah yang diputuskan oleh instansi pemerintah terkait

“Setiap awak kabin dan petugas darat AirAsia Indonesia kami wajibkan menggunakan APD secara disiplin seperti masker, face shield , mencuci tangan dengan hand sanitizer , menggunakan sarung tangan, serta melakukan proses disinfeksi di setiap masa transit pesawat kami. Demikian juga dengan penumpang kami yang dilayani dengan menerapkan protokol kesehatan yang sama,” ungkap Achmad, Minggu (22/11/2020).

Menurutnya, ada hal yang menarik dari AirAsia Indonesia dibanding maskapai lainnya. Pada saat proses keberangkatan penumpang untuk masuk ke pesawat dan pada saat proses kedatangan penumpang untuk keluar pesawat, AirAsia menerapkan sistem jaga jarak, yaitu pengaturan per tiga baris penumpang agar dapat menghindari penumpukan penumpang

“Penumpang tidak diperkenankan untuk langsung keluar pesawat secara bersamaan. Harus bergiliran, petugas atau pramugari yang akan memanggil penumpang di tiga baris pertama dulu untuk turun. Sementara, penumpang yang lain menunggu dengan sambil berdiri,” tuturnya.

Capt. Achmad Sadikin menegaskan, hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dari penyebaran Covid-19 di area perusahaan, serta mendukung program Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan juga menyesuaikan arahan dari protokol CHSE (cleanliness, health, safety, & environment ) yang dirumuskan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Untuk di dalam pesawat, lanjutnya, sesuai dengan surat edaran Kementerian Perhubungan, maskapai hanya dapat mengisi kursi yang tersedia dengan kapasitas 70% dari total kursi yang ada di pesawat. “Hal ini juga kami lakukan demi mengedepankan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 serta memenuhi standar prosedur,” imbuh dia.

Pada hal lain, terang Achmad, pihaknya juga tetap menjalankan prosedur-prosedur keselamatan lainnya sesuai aturan khususnya pada pengoperasian pesawat, seperti pemeriksaan kelaikan armada, membersihkan area parkir pesawat terbang , dan pemeriksaan peralatan operasional.

Berita terkait: