Infeksi Covid-19 di AS Lampaui 12 Juta Kasus

asus infeksi Covid-19 di Amerika Serikat (AS) sudah menembus angka 12 juta kasus pada Sabtu (21/11/2020). Hal tersebut terjadi karena banyak warga AS tidak mengikuti panduan perjalanan dan tetap bepergian untuk merayakan Thanksgiving.

Menurut penghitungan Reuters , saat ini total infeksi di AS lebih dari 12.010.000 kasus. Epidemi Covid-19 telah merenggut lebih dari 255.000 jiwa di AS. Angka itu merupakan yang tertinggi di dunia.

Eskalasi baru-baru ini telah mendorong lebih dari 20 negara bagian memberlakukan pembatasan baru bulan November ini untuk menekan penyebaran virus.

Data Reuters menunjukkan, laju infeksi baru AS semakin cepat, dengan hampir 1 juta lebih kasus tercatat terjadi hanya dalam enam hari terakhir sebelum terciptanya rekor terbaru. Kondisi ini sebanding dengan delapan hari yang dibutuhkan untuk mengubah dari 10 juta kasus menjadi 11 juta, dan butuh 10 hari untuk mengubah dari 9 juta menjadi 10 juta.

Pada Jumat (20/11) tercatat lebih dari 1 juta warga terbang melalui sejumlah bandara di AS. Demikian data Administrator Keselamatan Transportasi (TSA). Aktivitas penerbangan itu memicu kekhawatiran penyebaran virus yang lebih besar. Perjalanan pada Jumat itu merupakan lalu lintas udara domestik terbanyak kedua sejak terjadinya pandemi di AS. Padahal, pejabat kesehatan sudah mengimbau warga agar tetap di rumah dan tidak bepergian.

“Ini adalah kedua kalinya sejak volume penumpang pandemi melampaui 1 juta,” tulis juru bicara TSA Lisa Farbstein di Twitter, Sabtu.

Berita terkait: