Indra Brasco ajarkan anak untuk lindungi diri sejak dini

Kami dari dulu sangat peduli dengan hal perlindungan anak Jakarta – Aktor senior Indra Brasco mengatakan dirinya sebagai orang tua mengajarkan keempat anaknya mengenai bagian tubuh mana saja yang harus dilindungi kepada keempat anaknya.

“Kami dari dulu sangat peduli dengan hal perlindungan anak. Kami selalu mengajak diskusi mereka bahwa mereka adalah hadiah Tuhan yang sangat berharga yang diberikan kepada kami. Kalian sangat berharga, dan harus menghargai diri sendiri, ” ujar Indra dalam webinar Anti Kekerasan Berbasis Gender yang diselenggarakan Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud di Jakarta, Sabtu.

Indra selalu mengingatkan pada anak-anaknya bagian tubuh mana yang harus dijaga. Hal itu sudah dilakukan sejak dini. Bahkan saat ia membuka baju anaknya saat kecil, maka dibiasakan untuk izin dulu.

“Maaf ya, Yanda buka baju Mima ya, ” kenangnya.

Baca juga: Psikolog dukung wacana DPRA hukum berat pelaku kekerasan terhadap anak

Baca juga: Presiden keluarkan Perpres lindungi anak korban tindak pidana

Hal kecil tersebut namun cukup berarti menunjukkan bahwa anaknya tersebut berharga.

“Kita memberikan informasi pada anaknya siapa saja yang membuka baju, memandikan, atau menyentuh. Contohnya kalau orang lain seperti dokter, tapi tetap ayah dan bundanya ada, ” terang dia.

Dengan demikian, sebelum anak-anaknya berada di tempat umum dirinya menginformasikan bahwa jika ada orang yang memaksa membuka baju atau melanggar privasi maka berhak untuk teriak atau minta tolong pada orang yang dipercaya.

“Kemarin anakku, Raka, kita kasih informasikan hal yang disampaikan. Saat TK dia belum bisa ke toilet dan ganti baju sendiri, maka kami sampaikan kepada gurunya, ” jelas dia lagi.

Indra menambahkan bahwa orang tua juga perlu berkoordinasi dengan sekolah dalam upaya perlindungan kepada anak. 

Baca juga: PPI: Keluarga lembaga pertama dan utama dalam perlindungan anak

Baca juga: Dokter: Tingkatkan perlindungan terhadap kesehatan anak

 

Berita terkait: