Indonesia Punya Modal Kuat Jadi Hub Keuangan Syariah Dunia

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, Indonesia punya modal kuat untuk jadi pusat keuangan syariah dunia. Dia menyoroti peran keuangan syariah yang dianggapnya punya peran penting dalam masa pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

“Kita juga harus melalui berbagai upaya supaya ekonomi syariah kita bisa berkembang baik. Sehingga saya dalam menyampaikan bagaimana peran ekonomi syariah penting dalam mempercepat pemulihan ekonomi,” kata dia dalam sesi webinar, Kamis (17/9).

Menurut dia, Indonesia memiliki basis yang kuat untuk pengembangan keuangan syariah. Salah satunya basis masyarakat muslim religius yang punya inisiatif luar biasa, sehingga bisa berikan produk-produk berbasis syariah.

“Mulai dari keuangan syariah, salah satu bentuk, dan juga berbagai produk mulai dari makanan halal, dan juga melalui pakaian, pariwisata, termasuk hotel dan sebagainya. Ini luar biasa kita punya potensi demand yang besar,” tuturnya.

Bukti lainnya, Wimboh menyebutkan bahwa Indonesia telah menduduki peringkat pertama dalam pasar keuangan syariah global pada 2019 lalu. Berdasarkan laporan dari Global Islamic Financial, Indonesia jadi negara dengan pasar keuangan syariah terkuat dengan skor 81,93.

“Prestasi ini selayaknya menumbuhkan optimisme untuk mewujudkan cita-cita kita sebagai hub keuangan syariah dunia,” ujar Wimboh.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]