Indonesia Bakal Diguyur Hujan hingga April, Jokowi: Waspada, Jangan Lengah

– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan berdasarkan laporan BMKG , sebagian wilayah Indonesia diprediksi masih mengalami hujan menengah tinggi hingga bulan April 2021.

“Berdasarkan laporan BMKG tahun 2021, sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan masih mendapatkan hujan menengah tinggi, hingga bulan April,” ujar Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Peserta Rakornas Pengendalian Karhutla di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/2/2021).

Ia menuturkan hujan yang terus terjadi karena adanya pengaruh La Nina yang diprediksi masih bertahan selama enam bulan pertama di tahun 2021. Sehingga bulan Mei diprediksi masuk fase transisi, dari musim hujan ke musim kemarau.

“La Nina masih akan bertahan sampai semester baru. Bulan Mei diperkirakan menjadi fase transisi dari musim hujan ke kemarau,” ucap dia.

Baca Juga: Dapat Penghargaan dari LHK, Bima Arya Akan Kendalikan Sampah

Karena itu, ia meminta semua pihak terus mewaspadai terhadap potensi bencana. 

“Tapi kami masih harus tetap waspada, jangan lengah,” kata Jokowi. 

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta juga mengingatkan jajaran di daerah untuk tetap waspada terkait kebakaran hutan dan lahan.

“Saya ingin mengingatkan kita semua meskipun kita tengah menghadapi bencana banjir di dan tanah longsor di beberapa daerah, tapi kesiapan untuk menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan tidak boleh kendor. Kita harapkn rencana pencegahan yang detail dan matang, sinergi yang kuat dan eksekusi lapangan yang semakin efektif,” katanya 

Baca Juga: Jokowi: Kerugian Kebakaran Hutan Meluas Itu di Angka Triliunan, Hati-hati

Berita terkait: