Incar Pemasukan Devisa, Menhub Budi Resmi Buka Program Magister Terapan di STIP

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi secara resmi membuka Program Magister Terapan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta . Adapun Magister ini terdiri dari Program Studi Pemasaran, Inovasi, serta Teknik Keselamatan dan Resiko untuk Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran.

Sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Program Magister Terapan, Kementerian Perhubungan melihat ini sebagai upaya konkret melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP).

“Kita melihat ini hal yang penting dari Kementerian Perhubungan. Pembukaan Studi Magister ini merupakan upaya yang konkret dari komitmen Kementerian Perhubungan melalui BPSDM dalam melakukan upaya memberikan kesempatan pembelajaran bagi masyarakat,” jelas Budi pada siaran virtual pembukaan Program Magister Terapan, Senin (22/2).

Menhub menjelaskan, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) merupakan salah satu sekolah yang banyak diminati atau merupakan sekolah favorit. Sekolah pelayaran ini tercatat telah memberikan devisa yang cukup besar bagi Indonesia.

Selanjutnya, dalam dua minggu ke depan Kementerian Perhubungan akan melakukan kampanye terkait Program Magister Terapan.

“Kampanye tentang suatu pendidikan Magister Terapan ini jarang dilakukan, atau jarang ada sehingga yang mengambil S2 umum mungkin memberikan suatu intelektualitas, tetapi ini tidak memberikan suatu porsi yang seutuhnya bagi apa yang kita butuhkan,” ujar Menhub.

Tarik Minat Pelajar

Adapun melalui Program Magister Terapan ini, nantinya tidak hanya pembelajaran mengenai teori, praktik juga diterapkan dalam program ini.

Kementerian Perhubungan juga meyakini Program Magister Terapan akan menjadi suatu program S2 yang menarik minat pelajar Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran.

Sumber: Liputan6.com

Berita terkait: