Ikee ikuti kualifikasi renang Olimpiade setelah perawatan leukemia

Jakarta – Atlet renang Jepang Rikako Ikee dikabarkan akan ikut berkompetisi di ajang kualifikasi Olimpiade Japan Swim pada bulan April setelah menjalani perawatan karena leukemia.

“Saya tidak bisa mengatakan bahwa saya menargetkannya (lolos) sekarang. Saya baru akan memikirkannya saat melihat hasilnya besok,” kata Ikee mengenai peluangnya berlaga di Olimpiade dalam negeri, seperti dilansir Reuters, Selasa.

Kini perenang berusia 20 tahun itu harus bersiap untuk berkompetisi dalam satu-satunya ajang kualifikasi di Jepang sebelum Olimpiade Tokyo yang dijadwalkan dimulai pada 23 Juli.

Baca juga: Perenang Ikee kembali ke kolam setelah berjuang melawan leukaemia

Ikee, yang didiagnosis pada Februari 2019 dan kembali berlomba bulan Agustus tahun lalu, sempat meraih perunggu setelah finis dalam waktu 59,44 detik di nomor 100 meter gaya kupu-kupu Tokyo Open Sabtu pekan lalu.

Batas kualifikasi Olimpiade Federasi Renang Jepang adalah 57,10 detik, sedangkan rekor nasional yang dicatatkan Ikee dari Olimpiade Rio 2016 adalah 56,08 detik.

Finalis Olimpiade Rio itu juga memenangkan 50 meter gaya kupu-kupu pada perlombaan non Olimpiade dengan waktu 25,77 detik.

Baca juga: Didiagnosis leukemia, perenang Jepang Ikee berjibaku dengan pengobatan
Baca juga: Rikako Ikee borong enam emas untuk Jepang

Berita terkait: