HUT Pomal ke-75, Kasal ingin Polisi Militer AL lebih terampil

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) dituntut lebih terampil dalam mencegah dan menangani setiap pelanggaran disiplin, maupun menjauhkan prajurit TNI AL dari segala bentuk tindak pidana.

Yudo pada hari ulang tahun (HUT) Pomal ke-75 di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa tuntutan tersebut dapat terlaksana apabila memiliki prajurit Pomal terus berdedikasi, kredibel dan profesional serta membenahi organisasi berlandaskan pada kesiapan personel, kesiapan materiil Pomal yang didukung dengan perangkat lunak serta penyelenggaraan dukungan yang baik.

Pernyataan itu disampaikan Kasal saat menghadiri peringatan HUT di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara.

Yudo juga mengatakan bahwa Polisi Militer Angkatan Laut merupakan figur prajurit yang harus memegang teguh semboyan “Wijna Wira Widhayaka”.

Baca juga: KSAL minta prajurit Pomal tak arogan
Baca juga: Pomal Lantamal VIII gelar Operasi Gaktib

Semboyan itu artinya prajurit penegak aturan yang berwatak kesatria, arif dan bijaksana serta senantiasa menjunjung tinggi prinsip kebenaran.

Kasal meminta setiap prajurit Pomal menjadi teladan dan panutan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan hukum, Undang-Undang dan peraturan yang berlaku.

“Saya berharap Polisi Militer Angkatan Laut dapat terus mengedepankan sinergi dan soliditas TNI-Polri sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), serta menciptakan situasi kondusif antar-instansi penegak hukum dengan mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan COVID-19, pemulihan ekonomi nasional dan program vaksinasi nasional,” ujar Yudo.

Peringatan HUT ke-75 Pomal diawali dengan pengangkatan Kasal sebagai Warga Kehormatan Polisi Militer TNI Angkatan Laut, ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan dan Prosesi Pembaretan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono oleh Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksamana Muda TNI Nazali Lempo.

Sinergi dan soliditas TNI-Polri juga ditampilkan pada kegiatan tersebut, terutama saat pelaksanaan demonstrasi keterampilan mengendarai motor, dilanjutkan dengan pemberian kue ulang tahun dan tumpeng dari Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Muhammad Fadil Imran, serta pertunjukan demonstrasi freestyle motor gede Aswatama Wira Pratama gabungan dari Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dan Polisi Wanita (Polwan).

Kegiatan itu dihadiri pula oleh Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono, Inspektur Jenderal Angkatan Laut (Irjenal) Laksamana Muda TNI Moelyanto, Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal Laksamana Muda TNI S. Thamrin, para Asisten Kasal, para Kepala Dinas jajaran Mabesal, dan para Pimpinan Kotama TNI AL Wilayah Jakarta, serta para mantan Danpuspomal dari masa ke masa.

Berita terkait: