Hujan lebat disertai kilat diprakirakan terjadi di beberapa wilayah

BMKG memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan pada Jumat.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG, Jumat, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu dan di Teluk Carpentaria yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan barat Lampung hingga perairan barat Bengkulu serta dari Australia bagian timur hingga Teluk Carpentaria.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan barat Aceh hingga Selat Malaka serta dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat.

Kondisi itu mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut mulai dari Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Selain itu, kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Kemudian, Jawa Barat, Maluku, Papua, Riau, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

BMKG juga memberikan catatan, hujan dengan intensitas lebat di wilayah perairan berpotensi terjadi di perairan utara Aceh, perairan barat Aceh-Bengkulu, Selat Malaka, Laut Sulawesi bagian barat, Laut Maluku, Laut Banda, Teluk Cendrawasih, dan Laut Arafuru.
Baca juga: BMKG: Waspadai hujan disertai angin kencang di Sumatera Utara
Baca juga: BMKG prakirakan potensi hujan lebat disertai angin di beberapa wilayah

Berita terkait: