Hari Ini, Presiden Akan Resmikan Bendungan Napun Gete NTT

– Presiden Joko Widodo ( Jokowi ), hari ini bertolak menuju Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meresmikan bendungan multifungsi Napun Gete di Kabupaten Sikka dan meninjau lumbung pangan di Kabupaten Sumba Barat.

Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, lepas landas menuju Bandara Tambolaka di Kabupaten Sumba Barat Daya melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada pukul 06.00 WIB.

Rencananya, setibanya di Bandar Udara Tambolaka, Presiden Jokowi akan langsung bergerak menuju lokasi food estate atau lumbung pangan yang terletak di Desa Makata Keri, Kecamatan Katiku Tana, Kabupaten Sumba Tengah.

Di lokasi itu Kepala Negara akan melakukan peninjauan area lumbung pangan padi yang menjadi program jangka panjang pemerintah untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selepas meninjau lokasi lumbung pangan, Presiden Jokowi diagendakan untuk bertolak menuju Bandara Frans Seda, Kabupaten Sikka dengan menempuh perjalanan udara melalui Bandar Udara Tambolaka.

Di Kabupaten Sikka, Presiden Jokowi akan meresmikan pengoperasian Bendungan Napun Gete, yang dibangun sejak tahun 2016.

BACA JUGA

Bendungan Manikin di Kupang Rampung Akhir 2022

Pengisian awal ( impounding ) Bendungan Napun Gete telah dilakukan sejak Desember 2020 lalu. Bendungan yang memiliki luas genangan 99,78 hektare ini direncanakan mampu mengairi area irigasi seluas 300 hektare. Selain untuk irigasi, bendungan ini akan berfungsi sebagai penyedia air baku di Kabupaten Sikka dengan debit air mencapai 214 liter per detik, pengendali banjir sebanyak 219 meter kubik per detik, dan memiliki potensi pembangkit tenaga listrik sebesar 0,71 megawatt.

Bendungan ini juga bermanfaat sebagai pengendali banjir, lahan konservasi, dan pariwisata sehingga dapat membantu kesejahteraan masyarakat sekitar.

Pembangunan bendungan menggunakan biaya APBN sebesar Rp880 miliar yang dilaksanakan kontraktor PT Nindya Karya (Persero) dengan masa pelaksanaan sejak Januari 2017.

Selama masa pandemi Covid-19, pekerjaan pembangunan bendungan tidak dihentikan untuk menjaga kesinambungan roda perekonomian, terutama penyediaan lapangan kerja bagi kontraktor, konsultan dan, tenaga kerja konstruksi beserta kegiatan yang mengikutinya.

Selepas rangkaian acara, Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas akan langsung kembali ke Jakarta.

Turut dalam rombongan, di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Berita terkait: