Hari Dharma Karyadhika, Ini 3 Kegiatan Kantor Imigrasi Siantar

Pematangsiantar, – Selasa 27 Oktober 2020 hari ini diperingati sebagai Hari Dharma Karyadhika. Itu adalah ulang tahun Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Tahun ini mengusung tema “Layanan Publik Digital Kemenkumham, Menuju Indonesia Maju.”

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly berpesan agar setiap ASN Kemenkumham beradaptasi dengan budaya kerja secara digital. Ke depannya semua urusan akan serba digital dengan sistem teknologi informasi. Apalagi pandemik COVID-19 ini menjadi ujiannya.

“Kita melakukan revolusi terhadap kinerja Kemenkumham sehingga hasilnya lebih maksimal. Yang paling utama adalah revolusi digital. Suka atau tidak suka harus kita hadapi. Pandemik COVID-19 jadi tesnya, apakah kita telah siap menerapkan digitalisasi di seluruh aspek kinerja,” ungkap Yasonna.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar, Victor Manurung mengatakan melalui momentum Hari Dharma Karyadhika ia berharap seluruh ASN Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar untuk beradaptasi sistem digital dalam aktivitas kerja. 

Ada beberapa hal yang dilakukan selama peringatan Hari Dharma Karyadhika ini.

1. Pelayanan paspor simpatik

Hari Dharma Karyadhika, Ini 3 Kegiatan Kantor Imigrasi Siantarpelayanan paspor simpatik Imigrasi Siantar (Dok./istimewa)

Pelayanan ini merupakan pelayanan paspor di luar hari kerja dengan sistem antrean walk-in , pelayanan ini diadakan sejak Sabtu 24 oktober 2020 di Hotel Alvina Pematangsiantar dan diikuti oleh 26 pemohon.

Sebelumnya tercatat hingga 23 Oktober 2020 sudah ada 5.800 orang yang membuat paspor. “Ini upaya Kantor Imigrasi mendekatkan diri ke masyarakat. Jadi kami melakukan jemput bola,” kata Viktor.

Baca Juga: Cegah Corona, Imigrasi Siantar Perketat Pengawasan Bandara Silangit

2. Pembagian masker dan hand sanitizer kepada masyarakat

Hari Dharma Karyadhika, Ini 3 Kegiatan Kantor Imigrasi SiantarPegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar bagikan masker ke warga (Dok./istimewa)

Selain itu, kegiatan lainnya, untuk mendukung masyarakat dalam memerangi COVID-19 Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar membagi masker dan handsanitizer secara gratis kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih disiplin memakai masker.

Siantar sendiri termasuk salah satu kota yang penyebaran COVID-19 nya cukup tinggi setelah Medan dan Deli Serdang.

3. Seluruh ASN Kantor Imigrasi Kelas II TPI Siantar mengikuti upacara virtual

Hari Dharma Karyadhika, Ini 3 Kegiatan Kantor Imigrasi SiantarPegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar ikuti upacara virtual (Dok./istimewa)

Puncaknya pada Selasa (27/10/2020) hari ini,  peringatan Hari Dharma Karyadhika 2020 diadakan secara virtual langsung dari Graha Pengayoman di Jakarta, Sebagai Inspektur Upacara yaitu Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Kegiatan ini diikuti seluruh ASN Imigrasi Kelas II TPI Siantar.

Baca Juga: Lapas Narkotika Siantar Gelar Sidak, Ratusan Unit Handphone Disita

Berita terkait: