Halaman depan Kota Baubau adalah pelabuhan, sebut pejabat

Kita juga mendapatkan kesempatan menjadi penyelenggara “e-ticketing”, Alhamdullilah berjalan dengan baik, dan mudah-mudahan ini bisa menginspirasi pelabuhan-pelabuhan lainnya di Sultra Baubau, Sultra – Wakil Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, La Ode Ahmad Monianse menyebutkan bahwa pelabuhan adalah halaman depan daerah itu sehingga menjadi cermin baik suatu daerah.

“Kalau pelabuhan ini baik, maka juga menjadi cerminan baik kota ini,” katanya saat memberikan sambutan mewakili Wali Kota Baubau AS Tamrin pada acara pisah sambut Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Baubau di gedung terminal penumpang Pelabuhan Murhum, Kota Baubau, Rabu.

Kepada pejabat lama Kepala Kantor UPP Kelas I Baubau, R Pradigdo, Wakil Wali Kota menyampaikan ucapan terima lasih atas dedikasi dan karya yang selama ini diberikan dalam menata pelabuhan daerah itu lebih baik.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Baubau saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Pradigdo yang sudah membenahi pelabuhan ini, paling tidak Pelabuhan Baubau adalah lima pelabuhan contoh,” katanya.

Selain itu, kata dia, Pelabuhan Baubau juga yang mendapatkan kesempatan menjadi penyelenggara tiket elektronik (e-ticketing ), yang merupakan sebuah upaya kinerja dan dedikasi para pihak dalam menjadikan pelabuhan lebih tertib.

“Kemarin kita juga mendapatkan kesempatan menjadi penyelenggara e-ticketing , Alhamdullilah berjalan dengan baik, dan mudah-mudahan ini bisa menginspirasi pelabuhan-pelabuhan lainnya di Sultra,” katanya.

Pada kesempatan itu, La Ode Ahmad Monianse juga menyampaikan selamat datang kepada Kepala Kantor UPP yang baru Capt Dahlan, semoga dengan penempatan baru di daerah itu kerja sama dan sinergi dapat terjalin dengan lebih baik.

Sementara itu, Kepala Kantor UPP Kelas I Baubau yang baru, Capt Dahlan mengatakan bahwa sebelum diamanahkan bertugas di Baubau, dirinya bertugas di KSOP Kelas I Balikpapan, Kaltim.

“Saya di sini (Baubau) bertugas dengan semua paling lama enam bulan, karena saya akan pensiun 2021 ini. Saya sudah enak (bertugas) di Balikpapan, saya ditelpon Pak Dirjen untuk bertugas di Baubau, saya mau tolak takut nanti dicurigai,” katanya.

Ia berharap kehadirannya di daerah itu mendapat dukungan dan kerja sama dari Pemkot Baubau dengan seluruh instansi terkait di pelabuhan.

“Tanpa ada semua terkait di pelabuhan kinerja UPP tidak akan bisa melakukan lebih. Kepada Kapolres dan Kejaksaan apabila ada anak buah saya sendiri yang tidak sesuai dengan aturan tolong disampaikan kepada kami. Mudah-mudahan bantuan bapak ini saya bisa membina yang bersangkutan,” kata Dahlan.

Sedangkan, Kepala Kantor UPP Baubau sebelumnya, R Pradigdo mengatakan selama dua tahun dua bulan bertugas di Baubau cukup banyak kesan yang diperoleh, salah satunya yang tidak bisa dilupakannya banyak dibantu para pihak dalam penyertifikatan tanah pelabuhan itu.

“Jadi tanah pelabuhan ini sudah lama, sudah berdiri berpuluh-puluh tahun sertifikatnya baru selesai di tahun 2020 kemarin,” kata Pradigdo yang kini diamanahkan menjabat di KSOP Kelas III Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pejabat UPP Baubau lainnya yang juga berganti yakni, Ahmad Salehan yang sebelumnya menjabat Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPP Kelas I Baubau digantikan Christiaan W Egam yang sebelumnya bertugas di KSOP Kelas II Bitung (Sulut).

Kemudian, Suparno yang menjabat Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan dan Pelayanan Jasa digantikan oleh Patrick Pardede yang sebelumnya bertugas di Direktorat Kepelabuhanan. Selanjutnya, Muh Irfan Jayadinata yang menjabat Kepala Seksi Kesyahbandaran Kelas I UPP Baubau digantikan H Arianto yang sebelumnya bertugas di Kantor UPP Kelas III Majene (Sulsel).

Baca juga: Menhub tinjau Bandara Batoambari dan Pelabuhan Murhum Baubau

Baca juga: Pelabuhan Baubau urutan ke-7 terpadat di Indonesia selama Lebaran 2019

Baca juga: Tiba di Pelabuhan Murhum Baubau pengungsi Sultra korban konflik Wamena

Berita terkait: