Gugatan

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengaku, tidak mempermasalahkan jika ada warga yang melakukan gugatan ke pengadilan dalam bentuk class action soal banjir Jakarta. Langkah tersebut, kata Ariza, merupakan hak setiap warga negara.

“Terkait class action itu hak masyarakat negara kita negara hukum, negara kita negara demokrasi,” ujar Ariza di Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Namun kepada masyarakat Ariza meminta untuk melihat fakta dan data banjir di Jakarta yang dampaknya terus menurun dari tahun ke tahun. Hal tersebut, kata dia, menunjukkan upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta, siapapun pemimpinnya, sudah mulai berhasil mengendalikan banjir Jakarta.

BACA JUGA

Data Banjir Pemprov DKI Dipersoalkan, Wagub DKI: Sudah Faktual

“Semua pemerintah, siapa pun gubernurnya, siapa pun presidennya pasti ingin memberikan yang terbaik bagi warganya, bagi masyarakatnya, bagi rakyatnya. Tidak terkecuali terkait pengendalian banjir, macet, dan semua masalah, pasti para pemimpin ingin memberikan yang terbaik untuk kepentingan masyarakatnya,” tegas Ariza.

Ariza mengatakan, tugas pemerintah adalah membuat perencanaan dan mengimplementasikan program- program penanganan banjir sebaik mungkin. Namun, kata dia, Pemprov DKI tidak bekerja sendiri, harus mendapatkan dukungan pemerintah pusat dan juga dukungan pemerintah daerah lainnya.

“Mengatasi banjir di Jakarta harus kerja sama dengan daerah di sekitar Jakarta dan juga dengan pemerintah pusat. Seperti dukungan pemerintah pusat sudah membuat waduk di Cimahi dan di Ciawi yang insyaallah akhir tahun ini selesai. Mudah-mudahan ke depan akan memberikan kontribusi terkait pengendalian banjir, mengurangi setidaknya 11 persen,” pungkas Ariza.

Diketahui, sejumlah lembaga seperti Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) menyarankan warga korban banjir Jakarta untuk melakukan gugatan terhadap Pemprov DKI terkait persoalan banjir di Jakarta. Selain itu, LBH Jakarta juga siap menerima pengaduan warga Jakarta korban banjir dan mempertimbangkan mengambil langkah gugatan class Action .

Berita terkait: