Gubernur paparkan kesiapan pilkada Sulut ke Menteri Tito

Manado () – Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan kesiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di Sulut kepada Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Jumat.

“Terkait dengan kesiapan pilkada serentak ini saya kira seluruh kabupaten, kota dan provinsi sudah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah atau NPHD. Tadi sudah dilaporkan oleh Ketua Bawaslu sama KPU, semua sudah siap,” sebut Olly di Manado.

Gubernur saat rakor kesiapan pilkada serentak dan pengarahan Gugus Tugas COVID-19 oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian membeberkan kesiapan Sulut menyediakan anggaran pilkada.

“Kalau provinsi tadi dilaporkan sudah hampir 42 persen ditransfer, rata-rata juga semua hampir 40 persen ditransfer,” kata Olly.

Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, anggaran pilkada belum 100 persen disetorkan karena kas daerah per tanggal 12 Juli 2020 tinggal Rp247 miliar.

Bila kas daerah semuanya disetorkan untuk dana pilkada, maka tidak tersedia cadangan anggaran.

“Jadi saya kira jangan takut kami nggak transfer KPU sama Bawaslu, tahapan ini kita akan jalankan sesuai kebutuhan,” sambung Olly.

Gubernur Sulut ke- 13 ini juga memastikan kesiapan pemerintah daerah bersama jajaran TNI dan Polri mengamankan pelaksanaan pilkada serentak.

“Kerja sama aparat keamanan terjalin baik sehingga ada hal-hal dan isu-isu yang cepat dapat ditangani dengan baik oleh Kapolda dan jajaran TNI, Polri dan pemerintah daerah,” katanya.

Sinergitas juga terjalin baik dengan FKUB, tokoh adat, insan pers dan BKSAUA kita kerjasama dengan baik sehingga banyak hal yang cepat bisa ditangani ketika ada isu-isu yang tidak baik di Sulut.

Selain provinsi, ada beberapa kabupaten dan kota yang akan melaksanakan pilkada Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Manado, Kota Bitung, dan Kota Tomohon.

Baca juga: Gubernur Olly tegaskan dirinya tak menghalangi proses pilkada Talaud

Baca juga: Wagub: Sulut siap laksanakan pilkada

Baca juga: Pilkada serentak di Sulteng serap anggaran Rp642,6 miliar

Baca juga: Pemerintah suntik dana Rp1,411 triliun untuk APD Pilkada 2020