Gatal dan Tak Nyaman, Waspadai Ancaman Ketombe pada Kucing

Bukan hanya manusia, ternyata kucing pun rentan berketombe. Bersamaan dengan bulu yang kusut dan tampak kusam, serpihan putih ini sering terlihat pada kulit hewan peliharaanmu yang kering. Selain mengurangi keindahan bulu kucing, ketombe yang membandel dapat menyebabkan masalah kulit yang lebih serius seperti gatal dan iritasi.

Penyebab Cat Dandruff

gatal dan tak nyaman waspadai ancaman ketombe pada kucing©2021

Sebelum mengatasi kucing dari kulit kering dan bersisik, pahami dulu apa pemicu ketombe. Menurut Dr Deirde Frey, pendiri Vet At Your Door, kucing terkadang akan mengalami bulu yang menggumpal. Tampak kurang rapi dan muncuk ketombe, ada banyak faktor yang bisa memicunya. Mulai dari cuaca yang dingin, reaksi alergi pada makanan, infeksi oleh parasit, hingga gejala penyakit diabetes atau hipertiroid.

Jaga Kelembapannya

gatal dan tak nyaman waspadai ancaman ketombe pada kucing

©2021

Di alam liar, kucing mendapatkan kadar air dari makanannya. Konsumsi dry food dan kurang minum seringkali memicu kondisi dehidrasi ringan dan menyebabkan kulit kering maupun peradangan yang menyebabkan gatal.

Temukan cara untuk menambahkan lebih banyak cairan ke dalam makanan kucing. Coba tambahkan air atau kaldu ke dalam cat food, jangan lupa sediakan mangkuk berisi air yang diganti secara rutin.

Perawatan Kulit dan Bulu Kucing

gatal dan tak nyaman waspadai ancaman ketombe pada kucing

©2021

Kucing termasuk hewan peliharaan yang bisa menjaga kebersihan bulunya. Untuk menghilangkan bulu dan kulit mati, menyisir bulunya secara rutin dapat menstimulasi aliran darah dan memicu produksi minyak yang bikin kulit lebih lembap.

Hindari memandikan kucing terlalu sering, cukup sekali dalam sebulan kecuali bulunya benar-benar kotor. Pilih produk perawatan kulit dan bulu yang bebas wewangian dan bahan kimia, yang bikin kulitnya makin kering.

Pola Makan

gatal dan tak nyaman waspadai ancaman ketombe pada kucing

©2021

Makanan berkualitas buruk, dimasak pada suhu tinggi, atau mengandung banyak bahan sintetik dapat mempengaruhi kesehatan kucing, termasuk kulit dan bulunya. Walaupun tergolong hewan karnivora, kamu tidak harus memberikan daging mentah yang terkadang berisiko terkontaminasi oleh bakteri.

Pilih makanan yang menawarkan nutrisi seimbang misalnya tinggi protein, rendah karbohidrat, serta mengandung vitamin dan mineral. Selain itu, tingkatkan kesehatan kulit dan bulu kucing kesayangan dengan menambahkan minyak ikan atau asam lemak sehat lainnya.

Tak perlu ribet mencari cat food yang mengandung nutrisi sehat dan seimbang untuk menjaga kesehatan kucing. Berikan Muezza, brand makanan kucing kering yang sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Menawarkan asupan terbaik yang terbuat dari bahan alami dan aman, serta diolah dengan teknologi modern untuk menjaga kualitasnya.

5 alasan kawanan kucing rumahan susah akur jangan dianggap sepele©muezza

Melibatkan ahli nutrisi dalam pengolahannya, Muezza mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk asam lemak omega 3 dan 6 yang baik untuk kesehatan kulit dan bulu, perkembangan otak, kekebalan dari penyakit, serta kesehatan mata dan jantung. Tersedia dalam 4 varian lezat, saatnya berikan nutrisi terbaik untuk kucingmu dengan membeli Muezza di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia

Berita terkait: