Gandeng IPB dan Unsub, Pemkab Subang Adopsi Data Desa Presisi

Bupati Subang, H Ruhimat menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Subang (Unsub) dan Institut Pertanian Bogor ( IPB ), di Agribussines and Technology Park (ATP) IPB, Bogor, Selasa (23/2/2021). Nota kesepahaman tersebut terkait kerja sama implementasi data desa presisi .

Bupati Subang H Ruhimat dalam keterangannya menyampaikan, kerja sama ini sangat diperlukan mengingat keunggulan dan manfaat data desa presisi dapat dimanfaatkan dalam bidang pembangunan desa .

“Dengan kualitas data, perencanaan pembangunan di tingkat desa bisa lebih terarah. Baik di tingkat perencanaan dan maupun implementasi, termasuk diantaranya dalam hal kebencanaan,” kata Ruhimat.

BACA JUGA

Peneliti IPB: Pentingnya Paradigma Baru Pembangunan Desa

Melalui data desa presisi, lanjut Ruhimat, persoalan kebencanaan dan penanganan bisa dilakukan berbasis data untuk mebuat penanganan kebencanaan lebih akurat. “Untuk itu, kehadiran data despresisi ini mudah-mudahan dapat membantu desa-desa di Subang menjadi lebih maju baik dalam pembangunan atau hal lainnya,” tegasnya.

Kepala BP4D Kabupaten Subang, Hari Rubiyanto menambahkan, kerja sama data desa presisi ini meliputi bantuan pendataan potensi desa, bantuan pembinaan dan kajian sumber daya alam di Subang, Peningkatan produksi pangan, penggunaan bibit unggul produksi IPB, dan pendayagunaan sumber daya manusia IPB dalam pembangunan di Kabupaten Subang.

“Melalui upaya kerja sama data desa presisi ini, semoga menjadi percepatan yang baik untuk pembangunan di Kabupaten Subang,” ujarnya.

BACA JUGA

Kualitas Data Menentukan Keberhasilan Pembangunan Desa

Sementara, anggota DPR, Rieke Diah Pitaloka, memberikan penekanan khusus pada keberadaan data desa presisi. Menurutnya, program pemerintah sudah banyak dilakukan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi belum berbasis data yang akurat dan terintegrasi, sehingga masih banyak program yang tidak tepat sasaran.

“Oleh karena itu data menjadi penting, dan harus diverifikasi dari bawah atau bottom up . Hal tersebut akan menjadikan desa kuat dan berdikari,” tandasnya.

Berita terkait: