FSGI: Penghapusan Tunjangan Guru SPK Menyalahi UU Guru dan Dosen

Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih, mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk mengembalikan tunjangan profesi guru (TPG) di satuan pendidikan kerja sama (SPK). TPG itu sempat dihapus oleh Peraturan Sekjen Kemdikbud Nomor 6 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Penyaluran Tunjangan Profesi dan Tunjangan Khusus bagi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta Peraturan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud No 5745/B.B1.3/HK/2019.

Merespons hal itu, Wasekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Satriwan Salim mengatakan, dalam Peraturan Pemerintah (PP) tentang Guru dikatakan bahwa guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik berhak mendapatkan TPG.

Untuk itu, Satriwan mengatakan, semestinya Peraturan Sekjen Kemdikbud Nomor 6 Tahun 2020 itu wajib merujuk kepada PP Guru dan UU Guru dan Dosen. Jika tidak, keputusan Sekjen ini sangat berpotensi menyalahi UU Guru dan Dosen.

“Kami juga mempertanyakan kekuatan hukum dari Peraturan Sekjen. Ini mengikat bagi siapa? Jika langkah mediasi tidak ketemu, maka opsi membawa Peraturan Sekjen itu ke Pengadilan Negeri dengan bentuk citizen lawsuit atau gugatan warga negara bisa ditempuh oleh para guru-guru SPK, agar pengadilan yang memutuskan nanti,” kata Satriwan kepada Suara Pembaruan, Jumat (17/7/2020).

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia, Haifa Segeir mengatakan, pihaknya keberatan dengan kebijakan Kemdikbud karena sangat diskriminatif dan bertentangan dengan UU Guru dan Dosen. Untuk itu, Haifa berharap pemerintah mempertimbangkan hak guru, sebab guru di SPK sama saja dengan guru yang mengajar di sekolah lain.

“Harapannya, seluruh guru mendapatkan hak yang sama di mana pun mereka bertugas,” katanya kepada Suara Pembaruan.

Haifa menyebutkan, guru SPK menjalani pendidikan dan proses sertifikasi yang disyaratkan pemerintah dan mereka memenuhi syarat. Oleh karena itu, wajar jika mereka mendapatkan hak yang sama dengan guru di sekolah negeri.

Berita terkait: