Facebook Hapus Ribuan Jaringan Akun Palsu, Termasuk Indonesia

– Media sosial Facebook mengumumkan telah menghapus lebih dari 2.000 akun palsu sejak Desember 2020 lalu. Banyak dari akun palsu tersebut merupakan akun persaingan politik dan berkedok portal berita. 

Facebook merinci dari penertiban siber mereka dan telah menghabis 1.57 akun Facebook, 156 halaman publik, 727 grup dan 707 akun Instagram, dikutp dari laman Cnet .

Akun tersebut ditertibkan oleh siber karena dianggap menyamarkan identitas di media sosial Facebook.

Pihak Facebook sendiri mengatakan sudah menemukan 14 jaringan akun palsu di berbagai negara.

Baca Juga: Turki Investigasi Facebook Terkait Kebijakan Privasi WhatsApp

Negara-negara tempat beroperasinya akun palsu tersebut anatara lain, Argentina, Brazil, Pakistan, Maroko, Ukraina, Kyrgyzstan dan Indonesia.

Ilustrasi Facebook. (Unsplash/ Joshua Hoehne)
Ilustrasi Facebook. (Unsplash/ Joshua Hoehne)

Sebelum itu, Desember 2020 lalu Facebook juga sudah menghapus beberapa akun palsu dari Prancis dan Rusia.

Sementara itu Argentina muncul sebagai negara dengan jumlah jaringan akun palsu terbanyak, yaiitu 663 akun Facebook dan 388 akun Instagram yang didepak dari media sosial Facebook.

Media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut mengungkapkann akun-akun palsu beroperasi untuk kepentingan persaingan di dunia politik di wilayah tersebut.

Penghapusan akun palsu tersebut merupakann salah satu upaya Facebook untuk menunjukkan keseriusannya mengawasi penyebaran informasi palsu.

Baca Juga: Perhatikan! Ini Beda Privasi Data WhatsApp, Facebook, Signal, dan Telegram

Apalagi media sosial Facebook menjadi sorotan usai dianggap menjadi salah satu media sosial yang menjadi tempat kabar hasutan yang terjadi di Gedung Capitol beberapa waktu lalu. 

Baca Selengkapnya “Facebook Hapus Ribuan Jaringan Akun Palsu, Termasuk Indonesia”

Berita terkait: