Erick Thohir Targetkan Vaksin Covid-19 dari Bio Farma Beredar Awal 2021

– Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan vaksin corona atau Covid-19 akan mulai beredar di Indonesia pada awal tahun 2021. BUMN Farmasi Bio Farma akan mulai memproduksi vaksin corona pada Januari 2021 dengan kapasitas maksimal 250 juta dosis.

Dalam rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini di Istana Merdeka, pembahasan difokuskan kepada ketersediaan vaksin corona . Apalagi ini vaksin ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia.

“Insyaallah ujungnya ada jalan. Rapat intern ini kita fokuskan kepada mengenai vaksin yang selama ini masyarakat dan media juga menunggu-nunggu,” kata Erick Thohir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Kendati vaksin ditargetkan mulai diproduksi tahun depan, Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini meminta masyarakat turut membantu dengan tidak melonggarkan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Kerja keras kami tidak ada artinya, kalau masyarakat tidak membantu. Karena kita ketahui, bahwa vaksin baru bisa beredar di awal tahun depan. Jadi dari sekarang sampai awal tahun depan, penting sekali disiplin yang ada di masyarakat, yakni jaga jarak, cuci tangan dan pakai masker,” terang Erick Thohir.

Menteri BUMN ini juga meminta masyarakat jangan berasumsi lain bila vaksin sudah dapat diproduksi dan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 semakin meningkat. Bahwa, sekarang ini keadaan sudah mulai normal.

“Jangan juga masyarakat berasumsi ketika ada suasana yang sekarang positif, apakah itu vaksin, apakah itu penyembuhan meningkat, sudah waktunya kita hidup normal yang dulu. Bukan,” tegas Erick Thohir.

Karena, meski vaksin sudah ada dan jumlah kasus positif mulai menurun serta tingkat kesembuhan meningkat, bukan berarti ancaman Covid-19 tidak ada lagi. Melainkan virus corona tetap ada, sehingga disiplin protokol kesehatan tetap harus dijalankan.

“Karena disiplin protokol Covid-19 harus dijalankan dan bantu kami semua yang mengerjakan mati-matian demi masyarakat sesuai arahan Bapak Presiden. Vaksin ini kita pastikan akan ada, tapi saya mohon masyarakat juga berdisiplin supaya tadi kita bisa terus mengantisipasi,” ungkap Erick Thohir.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Bio Farma juga akan memastikan untuk memproduksi obat dengan metode terapi kesembuhan.

“Bio Farma juga akan memastikan memproduksi obat untuk terapi kesembuhan, karena ditanya obatnya apa, pasti kan belum ada. Tetapi terapi penyembuhan kita terus lakukan dan insyaallah sesuai dengan komitmen dari pemerintah dan Bapak Presiden, kita akan lakukan hal ini sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat semua,” papar Erick Thohir.

Berita terkait: