Erajaya Raup Laba Lebih dari 2 Kali Lipat Selama Masa Pandemi

– PT Erajaya Swasembada , Tbk (ERAA), salah satu perusahaan distributor dan retail handset terbesar di Indonesia, baru saja merilis laporan keuangan tahun 2020. Pada masa pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020, ERAA berhasil menjaga bahkan mencatatkan pencapaian kinerja yang sangat memuaskan dengan pertumbuhan laba untuk entitas induk sebesar 107,4%YoY dan peningkatan pendapatan sebesar 3,5% YoY.

BACA JUGA

Erajaya Swasembada Stock Split dengan Rasio 1:5

Beberapa ringkasan kinerja keuangan ERAA pada periode tahun 2020 adalah sebagai berikut:
• Pertumbuhan laba tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar 107,4% YoY dari Rp 295,1 miliar di tahun 2019 menjadi Rp 612 miliar di tahun 2020
• Pertumbuhan penjualan sebesar 3.5% YoY dari Rp 32,9 triliun di tahun 2019 menjadi Rp 34,1 triliun di tahun 2020
• Pertumbuhan margin kotor perusahaan dari 8,6% di tahun 2019 menjadi 10% di tahun 2020.

“Dengan bangga, kami menyampaikan bahwa Perseroan berhasil mempertahankan momentum kinerja di tahun 2020 dengan terlihatnya peningkatan laba bersih sebesar Rp 612,0 miliar, atau bertumbuh lebih dari 2 kali lipat dibanding tahun lalu yang mencapai Rp 295,1 miliar. Di samping itu penjualan juga bertumbuh 3,5% YoY menjadi Rp 34,1 triliun. Pencapaian yang luar biasa ini adalah hasil dari penerapan strategi korporasi yang tepat untuk bisa terus maju dan berkembang di masa-masa yang menantang, seperti halnya kondisi pandemi yang kita alami sepanjang tahun 2020 lalu,” kata Hasan Aula, Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada Tbk melalui keterangan, Rabu (7/4/2021).

“Kita juga tidak bisa mengingkari bahwa ini adalah hasil inovasi, komitmen, fokus dan kerja keras tim kami untuk mendorong penjualan dan memanfaatkan semua peluang yang ada, dengan utilisasi solusi digital yang tepat. Di samping itu, Perseroan juga melihat bahwa momentum penjualan smartphone dan ekosistemnya cukup positif, didorong juga dengan peningkatan minat atas produk-produk elektronik dan teknologi lainnya, seperti Internet of Things (IoT),” imbuh Hasan.

BACA JUGA

Sepanjang 2019, Erajaya Group Resmikan 252 Outlet Baru

Lebih lanjut ERAA berkomitmen untuk memanfaatkan berbagai faktor eksternal guna membuka peluang baru bagi perusahaan.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan shareholder value , dengan menjalankan corporate actions yang tepat sasaran dan memanfaatkan faktor-faktor eksternal yang membuka opportunity baru. Dengan inovasi dan penggunaan teknologi yang tepat untuk mendukung core business kami, serta secara jeli menangkap peluang bisnis baru, agar dapat memberikan performa yang
stabil serta peningkatan pelayanan kami di masa mendatang,” pungkas Hasan.

Berita terkait: