Dukung UMKM, Kemkominfo Perkecil Kesenjangan Akses Internet

Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemkominfo ) mendukung penyediaan akses jaringan internet yang merata di seluruh wilayah Indonesia agar pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta Ultra Mikro (UMi) untuk memasarkan produk dalam negeri secara daring.

“Kominfo memberikan dukungan yang luar biasa untuk onboarding UMKM dan UMi untuk memasarkan produknya secara digital. Kita akan bekerja keras untuk memastikan internet link ratio dan close digital divide atau memperkecil disparitas antarwilayah Indonesia,” kata Menkominfo Johnny G. Plate dalam Peluncuran Beli Kreatif Danau Toba, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (20/02/2020).

“Dengan cara apa? Sampai tahun 2022 nanti, mudah-mudahan, dengan arahan dan dukungan politik yang kuat dari Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Menteri Keuangan, kita akan menghadirkan internet 4G di seluruh desa dan kelurahan di seluruh pelosok tanah air Indonesia,” tambahnya.

Menurut Johnny, pemerintah sedang menyiapkan pembangunan infrastruktur TIK untuk mengatasi kesenjangan akses internet ini. Pada tahun 2023, pemerintah akan menghadirkan High-throughput satellite yang akan membantu meningkatkan kecepatan jaringan internet di 150.000 titik layanan publik seluruh Indonesia. Hal ini diharapkan bisa mendung onboarding UMKM dan UMi ke digital marketplace .

“Kita mendukung peningkatan peran dari UMKM dan Ultra Mikro yang saat ini sekitar 60% terhadap GDP Indonesia, kita tingkatkan dan mendorong agar menjangkau pasar yang lebih luas. Sekali lagi, kegiatan ini luar biasa dan menjadi contoh untuk diikuti oleh wilayah-wilayah lain di Indonesia,” paparnya.

Diketahui, pemerintah baru saja meluncurkan program “Beli Kreatif Danau Toba” guna mempromosikan produk-produk kreatif pelaku UMKM di sekitaran Danau Toba. Program ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021.

Menteri Johnny menilai program ini merupakan wujud konkret dari Cinta Tanah Air, apalagi saat ini Indonesia berhadapan dengan pandemi Covid-19. Pemilihan tema “Beli Kreatif Danau Toba” dilatari banyaknya potensi pariwisata serta tingginya wisatawan domestik ke Danau Toba.

Johnny menambahkan, terdapat kurang lebih 64 juta usaha yang telah berkembang dan akan diarahkan untuk memasuki dunia digital.

“Kominfo sangat mendukung itu. Dengan demikian, harapan kita pada tahun 2022 nanti onboarding UMKM akan tersebar merata sampai di wilayah 3T,” ujar Johnny.

Berita terkait: