Dua Bulan Jabat Menteri, Kepuasan Kinerja Sandiaga Uno Buntuti Prabowo

– Dua bulan usai menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sejak 23 Desember 2020, politikus Partai Gerindra Sandiaga Uno melejit menduduki nomor dua sebagai menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi. Sandiaga berada di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang bertengger di nomor satu.

Hasil itu merupakan bagian dari survei Lembaga Survei Indonesia ( LSI ) menyoal tingkat kepuasan atau evaluasi umum terhadap kinerja para menteri di Kabinet Indonesia Maju.

“Yang tingkat kepuasannya paling tinggi terhadap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, disusul Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, disusul Menteri Keuangan Sri Mulyani,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan membacakan hasil survei secara daring, Senin (22/2/2021).

Bukan cuma Sandiaga, Tri Rismaharini yang baru menjabat Menteri Sosial juga terlihat menduduki posisi empat di bawah Sri Mulyani. Tingkat kepuasan kinerja Risma melewati sejumlah nama yang sudah lebih dahulu menjabat sebagai menteri.

Baca Juga: Kasus Suap Edhy Prabowo, KPK Periksa Pejabat KKP hingga Mahasiswa

“Kemudian Menteri sosial Tri Rismaharini, diikuti kemudian oleh Pak Erick Tohir, Pak Mahfud dan seterusnya,” kata Djayadi.

Tabel hasil survei LSI menyoal tingkat kepuasan kinerja menteri: (tangkap layar)
Tabel hasil survei LSI menyoal tingkat kepuasan kinerja menteri: (tangkap layar)

Djayadi mengatakan hasil survei menyoal tingkat kepuasan terhadap menteri memang tidak terlepas dari pengaruh keterpopuleran dan keterkenalan nama menteri di kalangan masyarakat.

“Artinya menteri-menteri yang memiliki tingkat atau lebih banyak dibicarakan baik di media atau di tempat-tempat pembicaraan lainnya secara umum itu cenderung memperoleh kepuasan yang lebih tinggi di masyarakat dan seterusnya ini saya tidak bacakan,” tutur Djayadi.

Adapun survei LSI tersebut diselanggarakan pada 25-31 Januari dengan melibatkan 1.200 responden, yang diambil secara tatap muka.

Responden yang diwawancarai adalah mereka yang sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah dengan multistage random sampling. Di mana margin of error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Indikator: Pendukung Prabowo-Sandi Banyak Tak Bersedia Divaksin Covid-19

Berita terkait: