Dorong Kepemilikan Satu Data, Pemerintah Target Lakukan Sensus UMKM di 2022

Kementerian Koperasi dan UKM berencana pada 2022 akan melakukan sensus usaha mikro dan kecil. Hal itu merupakan upaya mempercepat proses transformasi sektor informal ke formal.

“Mengenai data tunggal, kami menargetkan 2022 nanti bisa dilaksanakan sensus untuk usaha mikro dan kecil,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim dalam sosialisasi PP nomor 7 tahun 2021, Selasa (23/2).

Menurutnya, dengan adanya sensus tersebut, nantinya secara tahunan data mengenai usaha mikro dan kecil ini bisa terus di update melalui pencatatan data-data yang berasal dari administrasi yang tersebar di dinas-dinas koperasi dan UKM.

“Mudah-mudahan melalui sensus usaha mikro dan kecil, maka kita akan bisa mempunyai data yang lengkap dan juga memiliki konsep dan definisi yang bisa digunakan seluruh Kementerian maupun Lembaga,” katanya.

Target 6 Juta UMKM Dapatkan NIB per 2024

juta umkm dapatkan nib per 2024

Selain itu, Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan pada tahun 2022 hingga 2024 bisa tercatat 6 juta usaha mikro dan kecil yang bisa mendapatkan Nomor Izin Berusaha (NIB) dan sertifikasi-sertifikasi lainnya.

“Tahun 2022 kami sudah melakukan pembahasan dengan kementerian terkait, agar proses transformasi informal ke formal dari para pelaku usaha mikro ini bisa lebih dipercepat. Sehingga kami menargetkan di tahun 2022, 2023, dan 2024 paling tidak ada 6 juta usaha mikro yang bisa mendapatkan NIB dan sertifikasi-sertifikasi yang dibutuhkan,” ungkapnya.

SesmenkopUKM mengatakan, untuk NIB pihaknya memang menargetkan secara bertahap. Lantaran tahun 2021 baru selesai proses penyiapan anggarannya.

Oleh karena itu, pihaknya akan berupaya mengoptimalkan alokasi yang ada di Kementerian Koperasi dan UKM untuk mempermudah, melindungi, dan memberdayakan usaha mikro dan kecil.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6

Baca juga:
Menteri Teten Dorong Pemda Aktif Daftarkan Izin Usaha UMKM
Ada Pandemi, 250.000 UMKM Gabung GoFood Sepanjang 2020
Menteri Teten Beberkan Inisiatif Pemerintah Dorong Ekspor Produk UMKM
Genjot Ekspor Produk UMKM, Mendag Lutfi Dorong Kolaborasi Pemangku Kepentingan
Sederet Hambatan UMKM Indonesia Tembus Pasar Dunia
Kadin: Kontribusi UMKM pada Ekspor Masih di Kisaran 15 Persen
Tahun ini Masih Ada Pandemi, Pemerintah Berencana Pangkas Suku Bunga KUR

Berita terkait: