Dominic Raab: Inggris Akan Kirim Kapal Induk ke Indo-Pasifik

Angkatan Laut Kerajaan Inggris akan mengirim gugus kapal perang yang dipimpin Kapal Induk HMS Queen Elizabeth ke kawasan Indo-Pasifik, Menteri Luar Negeri Dominic Raab mengatakan dalam kunjungan ke Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Pengumuman Raab itu disampaikan di tengah memanasnya situasi di Laut China Selatan terkait sengketa wilayah dan meningkatnya kehadiran militer Tiongkok di sana.

Namun, Raab tidak secara spesifik menyebut Tiongkok dalam keterangannya.

“Kami sedang mempersiapkan kunjungan Gugus Serang Kapal Induk Inggris di kawasan ini, tahun ini,” ujar Raab dalam jumpa pers bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Indonesia memang tidak terlibat terlalu dalam di sengketa Laut China Selatan, tetapi menurut Raab sebagai sesama negara kelautan Indonesia adalah mitra penting Inggris dalam bidang pertahanan dan keamanan di kawasan.

“Inggris dan Indonesia berada di bagian teprisah di dunia, tetapi kita sama-sama merupakan kekuatan maritim dengan kepentingan maritim yang sangat besar, dan terlebih lagi adalah kepentingan untuk memastikan bahwa peraturan yang tercantum pada UNCLOS [Konvensi Hukum Laut PBB] ditegakkan, karena itu merupakan pilar penting bagi stabilitas regional, dan juga global menurut saya,” kata Raab.

Raab, yang baru pertama kali ke Indonesia sebagai menteri, juga memaparkan pendekatan baru dalam kebijakan luar negeri, pertahanan dan keamanan Inggris yang dirilis16 Maret lalu.

Kebijakan bernama “Integrated Review” ini menjadi visi baru bagi kiprah Inggris di dunia internasional dan “menempatkan kawasan Indo-Pasifik sebagai jantungnya, dan Indonesia sebagai jantung dalam visi tersebut”, kata Raab.

“Menurut saya ini sudah menunjukkan … betapa pentingnya Indonesia,” kata Raab.

Berita terkait: