Doa Buka Puasa Ramadhan, Ternyata Tak Cuma ‘Allaahumma Lakasumtu’

– Tahukah kalian bahwa ada beberapa doa buka puasa Ramadhan , tidak hanya “Allaahumma lakasumtu wabika amantu wa’aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin” ? Ada beberapa doa berbuka puasa lainnya yang perlu kalian ketahui. 

Umat muslim tengah bergembira dengan datangnya bulan suci Ramadhan yang telah berlangsung sejak 13 April 2021 lalu. Meski masih harus dijalankan di tengah kondisi pandemi Covid-19, tentu saja hal ini tidak mematahkan semangat umat muslim dalam berlomba-lomba beribadah dan melakukan kebaikan.

Salah satu ladang beribadah di bulan ini adalah berpuasa Ramadhan, yaitu aktivitas menahan diri dari rasa haus dan lapar serta hal-hal yang membatalkan puasa sejak berkumandang azan subuh hingga datangnya azan maghrib. Namun sebelum berbuka, akan lebih baik jika umat muslim membaca doa berbuka puasa terlebih dahulu.

Terkait doa berbuka ini, ada beberapa versi yang dijelaskan dalam beberapa hadis. Berikut doa buka puasa Ramadhan yang dapat diucapkan.

Baca Juga: 4 Tips Hemat Biaya Makan di Bulan Ramadhan

Doa buka puasa merujuk pada hadist riwayat Abu Daud nomor 2357

“Allaahumma lakasumtu wabika amantu wa’aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin”

Artinya : “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”

Doa buka puasa merujuk pada hadist riwayat Abu Daud nomor 2358

“Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah”

Baca Juga: Ini Jadwal Buka Puasa Wilayah Surabaya dan Sekitarnya, Kamis 22 April 2021

Artinya: “Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah (jika Allah menghendaki).”

Menurut penjelasan beberapa Ustaz, meski bacaan pertama dinilai berasal dari hadist daif, namun doa itu tetap dapat digunakan.

Meskipun doa buka puasa yang kedua lebih sahih dan tidak ada yang diperselisihkan. Selain itu, Rasulullah juga membaca doa buka puasa Ramadhan seperti berikut ini:

“Allahumma laka shumna wa ala rizqika aftharna, Allahumma taqabbal minna innaka antas samiul ‘alim”

Artinya: “Ya Allah , untuk-Mu kami berpuasa, atas rezeki-Mu kami berbuka, maka terimalah (puasa) kami. Sesungguhnya, Engkau zat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.”

Doa berbuka puasa tentu menjadi salah satu doa terpenting yang harus kita hafalkan pasalnya sesuai sabda Rasulullah SAW, kita dianjurkan untuk menyegerakan waktu untuk berbuka puasa:

“Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Musttaraqun ‘alaih).

Tapi ternyata, cara membaca doa buka puasa Ramadhan yang paling benar adalah membacanya ketika selesai berbuka puasa, seperti yang dijelaskan dalam kitab Hasyiyah I’anah at-Thalibin.

“Maksud dari (membaca doa buka puasa) “setelah berbuka” adalah selesainya berbuka puasa, bukan (dibaca) sebelumnya dan bukan saat berbuka,” (Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz 2, hal. 279).

Demikian beberapa doa buka puasa Ramadhan yang dapat kalian baca ketika nanti tiba waktunya berbuka atau magrib. Semoga Allah SWT selalu memberi berkah dan rahmatnya kepada kita semua.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Berita terkait: