DKUM Kota Depok Dorong Setiap Kecamatan Miliki UMKM Center

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok mendorong setiap kecamatan memiliki UMKM Center, guna meningkatkan peluang pemasaran produk usaha mikro. Adapun pengelolaan UMKM Center dilakukan dalam bentuk koperasi .

“Karena berhubungan dengan fasilitas pemerintah, perekonomian yang bisa dikelola sebaiknya berbentuk koperasi . Dengan dijalankan oleh para karyawan atau anggotanya,” tutur Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan, di Depok, Minggu (26/7/2020).

Fitriawan memaparkan, keberadaan UMKM Center ini untuk memfasilitasi para pelaku usaha mikro di masing-masing wilayah. Sementara, pemberian nama dari UMKM Center diserahkan pada pihak kecamatan, namun harus mengakomodir produk-produk lokal.

“Ketika produk mereka bisa dikenal lebih luas dan laku. Tentunya efeknya pada kesejahteraan bagi pelaku usaha sendiri,” kata Fitriawan.

Lebih lanjut, Fitriawan menyarankan, keberadaan UMKM Center juga sebaiknya bersinergi dengan hal-hal yang dapat menarik minat pengunjung. Seperti misalnya, tidak hanya menyediakan produk UMKM namun juga barang-barang sembako.

“Kalau sembako sifatnya kan dibutuhkan masyarakat setiap hari. Dengan demikian, ini bisa menjadi salah satu strategi peningkatan pengunjung dan memperluas jangkauan konsumen,” pungkas Fitriawan.

Berita terkait: