DKI PSBB Transisi, Doni Monardo: Tidak Masalah, Sudah Konsultasi Pusat

Jakarta, – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan bahwa keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk kembali melakukan PSBB transisi dinilai tidak ada masalah. Menurut dia, Pemprov sudah membahas keputusan itu bersama pusat.

“Apa yang dilakukan oleh Gubernur DKI tentunya sudah dikonsultasikan di tingkat pusat termasuk Ketua Komite dan kami. Jadi langkah yang sudah diambil tidak ada masalah,” ujar Doni dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Kabinet RI, Senin (12/10/2020).

1. Keputusan PSBB transisi sudah melihat dinamika di lapangan

DKI PSBB Transisi, Doni Monardo: Tidak Masalah, Sudah Konsultasi PusatPengendara sepeda motor melintas di persimpangan Pancoran, Jakarta, Jumat (21/8/2020) ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Kemudian, Doni menyampaikan bahwa keputusan itu juga sudah melihat dinamika di lapangan dan evaluasi. Anies Baswedan pun sudah diingatkan tentang keseimbangan gas dan rem tersebut.

“Sementara remnya mungkin agak dikendorkan mudah-mudahan adanya kesungguhan dari kita semua, dari seluruh komponen untuk betul-betul menjaga sehingga kasus aktif harian tidak bertambah,” jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Minta 12 Kabupaten/Kota Ini Jadi Prioritas Penanganan COVID-19

2. Airlangga sebut kasus COVID-19 di Jakarta sudah melandai

DKI PSBB Transisi, Doni Monardo: Tidak Masalah, Sudah Konsultasi PusatMenko Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto (kiri) didampingi Menkopolhukam Mahfud MD memberikan keterangan kepada wartawan terkait perkembangan penanganan COVID-19 di Jakarta, Jumat (11/9/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra) Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Amnesty: Lebih dari 150 Demonstran Penolak UU Cipta Kerja Ditangkap
  • Keutamaan Mandi Jumat, dapat Ampunan dan Pahala Seperti Berkurban
  • KontraS Data Orang Hilang dan Ditahan Saat Demo

Selanjutnya, Ketua Komite PCPEN Airlangga Hartarto menyebut bahwa kasus COVID-19 di DKI Jakarta sudah melandai. Selain itu, tingkat kesembuhan di DKI Jakarta juga disebut sudah mencapai 82,17 persen.

“DKI sudah melandai dan tingkat kesembuhan DKI mencapai 82,17 dan tingkat kematian 2,2 persen. Dalam 7 hari terakhir turun, sehingga ini yang menjadi dasar, berbasis kepada data,” jelas Airlangga.

3. DKI Jakarta kembali menerapkan PSBB transisi

DKI PSBB Transisi, Doni Monardo: Tidak Masalah, Sudah Konsultasi PusatAnies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi mulai Senin (12/10/2020). Keputusan ini sekaligus mengakhiri PSBB ketat yang dilakukan sejak 14 September 2020.

Masa PSBB transisi akan berlaku hingga 25 Oktober 2020, dan otomatis akan diperpanjang hingga 8 November 2020, jika tidak ada penambahan kasus COVID-19 signifikan. 

Anies menjelaskan, keputusan itu diambil berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi DKI Jakarta, terkait adanya perlambatan kenaikan kasus positif dan kasus aktif meski masih terjadi peningkatan penularan.

“Pemprov DKI Jakarta memutuskan mengurangi kebijakan rem darurat secara bertahap dan memasuki PSBB transisi dengan ketentuan baru selama dua pekan ke depan, mulai 12 hingga 25 Oktober 2020,” kata Anies dalam keterangan tertulis, Minggu, 11 Oktober 2020.

Baca Juga: PSBB Transisi Berlaku, Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan

Berita terkait: