Djarot: Terima Kasih PDIP Masih Dipercaya Rakyat

– Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat berterima kasih partainya masih dipercaya rakyat. Hal ini menyusul elektabilitas PDIP yang berada pada peringkat atas hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI).

“Terima kasih PDI Perjuangan masih dipercaya rakyat,” kata Djarot dalam acara rilis survei LSI bertajuk “Evaluasi Publik terhadap Kondisi Nasional dan Peta Awal Pemilu 2024”, Senin (22/2/2021).

Djarot menegaskan, PDIP akan tetap bekerja keras menyongsong Pemilu 2024. Bagi PDIP, menurut Djarot, 2024 bukan waktu yang panjang. Djarot menyatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengingatkan pentingnya kerja kepartaian selaras dengan kerakyatan.

Djarot menuturkan, setiap pekan seluruh jajaran PDIP melakukan kerja-kerja nyata di lapangan untuk membantu masyarakat. Misalnya, belum lama ini partainya mengembangkan politik hijau.

BACA JUGA

Survei Pileg, PDIP Nomor Satu

“Untuk bisa hijaukan daerah aliran sungai. Gerakan menanam pohon bukan hanya di Jawa, tetapi juga di luar Jawa. Ini dilakukan terus menerus. Menanam pohon sama dengan menanam kebaikan untuk generasi mendatang,” imbuh Djarot.

Djarot pun menyebut, “Kerja-kerja kepartaian harus selaras dengan kerja-kerja kerakyatan. Mantap ideologi. Ideologi Pancasila harus mantap. Jadi hasil yang didapat PDIP, karena kerja terus menerus.”

Djarot menambahkan, kaderisasi dilakukan secara berjenjang. Djarot mengatakan, partainya baru saja menggelar uji kelayakan dankeptutan serta psikotes bagi ketua PAC.

Seperti diberitakan elektabilitas PDIP mencapai 20,1%, jika pemilu legislatif (pileg) digelar sekarang. Demikian salah satu temuan survei LSI menyangkut pileg dengan simulasi top of mind .

BACA JUGA

Kinerja Presiden Jokowi, Mayoritas Publik Puas

“Ini sebetulnya, hasilnya agak mirip (Pileg 2019), urutan papan atasnya. Masih PDIP 20,1%, Gerindra (11%), Golkar (8,3%), PKS (6,8%), PKB (6,7%), Demokrat (4%), Nasdem (2,5%), PAN (2,5%), PPP (1,5),” kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan.

Elektabilitas partai lain di luar parlemen hanya meraih di bawah 1%. Djayadi menuturkan, dalam simulasi semi terbuka elektabilitas PDIP juga masih teratas. PDIP mendapat 24,5%, Gerindra (12,6%), Golkar (10%), PKB (9,7%), PKS (7,6%), Demokrat (5,4%), Nasdem (3,4%), PAN (3%), PPP (2,4%).

“Di top of mind dan semi terbuka, partai-partai nonparlemen belum terlihat signifikan elektabilitasnya. Partai baru di luar parlemen belum menonjol,” ujar Djayadi.

Survei digelar pada 25-31 Januari 2021 di 34 provinsi. Jumlah responden sebanyak 1200 orang. Angka margin of error +/- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih diwawancara lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Berita terkait: