Ditangkap Saat Demo, 116 Pelajar Dijemput Orang Tua di Mapolres Bekasi

– Pelajar yang diamankan Polrestro Bekasi Kota saat aksi penolakan UU Cipta Kerja, telah dipulangkan. Petugas meminta orangtua masing-masing menjemput anaknya di Mapolrestro Bekasi Kota.

Suasana haru terlihat saat sebanyak 116 pelajar SMP dan SMK dijemput orangtua masing-masing. Mereka diamankan petugas saat mengikuti aksi pada Kamis (8/10/2020) di beberapa lokasi di Kota Bekasi.

“Kami telah mengumpulkan para orangtua untuk menjemput langsung anaknya,” ujar Kapolrestro Bekasi Kota, Kombes Pol Wijonarko, dalam keterangan tertulisnya Minggu (11/10/2020).

BACA JUGA

Sambil Peluk Orang Tua, Tangis Pendemo Pecah di Kantor Polisi

Dia mengatakan dari 116 pelajar tersebut, ada juga putus sekolah. Mereka diamankan karena melempar iring-iringan mobil Kapolrestro Bekasi Kota serta TNI di Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur atau sekitar gedung DPRD Kota Bekasi.

Kepolisian sengaja melakukan prosesi penjemputan dari orangtua supaya menyentuh hati mereka. Dan, tak ada niatan untuk melakukan proses hukum lebih lanjut terhadap ratusan pelajar ini.

“Kita mengamankan untuk mendata dan melakukan pembinaan, tidak berbuat anarkistis dan sebagainya,” bebernya.

Selain itu, Wijonarko meminta agar para pelajar tidak mudah terprovokasi terhadap informasi yang tersebar di media sosial. Terhadap orangtua, diminta untuk selalu mengawasi kegiatan anaknya agar tidak melakukan tindakan di luar batas.

“Diharapkan, mereka tidak akan mengulangi lagi perbuatannya,” imbuhnya.

Berita terkait: