Disney+ Hotstar Salip Jumlah Pelanggan Berbayar Netflix

Saat ini Disney Plus Hotstar dilaporkan memiliki jumlah pelanggan berbayar lebih banyak ketimbang Netflix di Indonesia. Data ini didasarkan pada laporan Media Partners Asia.

Dikutip dari laporan Media Partners Asia via Variety, Jumat (22/1), secara keseluruhan jumlah pelanggan berbayar untuk layanan streaming di Tanah Air memang berkembang pesat dalam beberapa bulan terakhir.

Pada awal September 2020, jumlah pelanggan berbayar di Indonesia mencapai 3,4 juta dan awal bulan ini tembus 7 juta. Pertumbuhan itu disebut terpengaruh oleh kehadiran Disney Plus Hotstar di Indonesia.

Untuk itu, Media Partner Asia memperkirakan saat ini Disney Plus Hotstar berhasil menguasai pangsa pasar di Indonesia dengan 2,5 juta pelanggan. Layanan milik Disney tersebut diikuti Viu dengan 1,5 juta pelanggan, Vidio yang mencatat 1,1 juta pelanggan, lalu terakhir ada Netflix yang memiliki 850 ribu pelanggan.

Banderol Harga Murah

Keberhasilan Disney Plus Hotstar diprediksi tidak lepas dari banderol harga yang terjangkau dan dikombinasikan dengan konten lokal yang cukup beragam. Faktor itu lantas ditambah dengan kemudahan dalam pembayaran dan akses mengingat layanan ini bekerja sama dengan Telkomsel sebagai operator.

“Pertumbuhan SVOD di Indonesia, pasar terpadat di Asia setelah Tiongkok dan India, cukup menggembirakan, tapi perjalanannya masih panjang. Secara keseluruhan, pelanggan SVOD baru mewakili kurang dari tiga persen populasi dan 10 persen rumah tangga,” tutur VP Media Partners Asia, Anthony Dobson dalam laporan tersebut.

Berita terkait: