Dinkes Kota Depok Mulai Distribusikan Vaksin Covid-19

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menyatakan, pendistribusian vaksin Covid-19 di Kota Depok dimulai selama dua hari yakni Kamis dan Jumat (14-15/1/2021). Vaksin akan tiba di 38 puskesmas pada hari ini dan esok di 22 rumah sakit se-Kota Depok.

Kepala Dinkes Kota Depok , Novarita mengatakan, proses pendistribusian vaksin memakan waktu sebanyak dua hari. Totalnya terdapat 60 fasilitas layanan kesehatan di Depok yang memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 .

“Total vaksinatornya ada sebanyak 252 orang. Untuk pelaksanaan vaksinasi diserahkan kepada masing-masing fasilitas kesehatan (faskes). Apakah mereka akan memvaksin tenaga kesehatan dalam satu hari bersamaan atau bagaimana, dikembalikan kepada faskes masing-masing yang mengaturnya,” ujar Novarita usai mendapatkan suntikan perdana vaksin Covid-19 di RSUI Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (14/1/2021).

BACA JUGA

10 Pejabat di Depok Dapat Vaksinasi Covid-19

Nova menjelaskan, misalnya di dalam puskesmas atau rumah sakit terdapat 100 nakes maka bisa dilakukan bertahap dibagi menjadi tiga hari atau sekaligus dalam satu hari. “Pengaturannya bebas ya . Karena hanya mereka yang tahu bagaimana teknisnya disesuaikan di faskes masing-masing,” tutur Nova.

Lebih lanjut dirinya mengimbau agar semua nakes dan juga masyarakat umum untuk tidak menolak vaksinasi. Dirinya pun termasuk ke dalam 10 pejabat di Kota Depok yang telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. “Tidak ada rasa apa-apa setelah disuntik. Tidak pegal juga. Gejala setelah 30 menit pun tidak ada. Vaksin ini aman,” katanya.

Nova menegaskan, masyarakat luas diminta untuk turut serta dalam vaksinasi. “Rugi kalau menolak vaksin ini. Apalagi ini gratis. Kita tidak tahu jika nanti kebijakannya berubah. Mari kita sama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan vaksinasi,” tegasnya.

BACA JUGA

Dinkes Kota Depok Matangkan Persiapan Vaksinasi Covid-19

Meski demikian, Nova mengingatkan, vaksin ini baru akan efektif bekerja setelah mendapatkan suntikan kedua. Antibodi baru akan muncul pada suntikan kedua yang akan dilakukan berulang pada 14 hari kedepan.

“Antibodinya baru muncul nanti setelah 14 hari kedepan pada suntikan kedua. Kalau suntikan pertama belum muncul. Maka akan optimal di suntikan kedua,” pungkasnya.

Untuk Kota Depok pada tahap pertama ini tercatat sebanyak 11.140 orang tenaga kesehatan akan mendapatkan suntikan vaksinasi. Vaksinasi tahap pertama ini memang dikhususkan untuk para tenaga kesehatan.

Berita terkait: