Dies Natalis ke-36, UT Kedepankan Inovasi Pendidikan Jarak Jauh

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-36, Universitas Terbuka (UT) bertekad untuk terus mengembangkan inovasi dalam pendidikan jarak jauh.

Mewabahnya virus corona ( Covid-19 ) telah mendorong sektor pendidikan untuk mengandalkan pembelajaran daring. Sebagai pionir dalam pendidikan jarak jauh, UT menjadikan pandemi sebagai momentum untuk terus mengembangkan berbagai layanan akademik. Terlebih, berbagai daerah di Tanah Air masih terkendala keterbatasan infrastruktur teknologi informasi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan Sri Sediyaningsih dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/7/2020).

“Banyak kontribusi yang diberikan UT bagi dunia pendidikan di tanah air melalui sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh. Seiring dengan itu, semakin banyak pula tantangan yang dihadapi UT ke depan.Terlebih di era pandemi Covid -19 yang menuntut UT untuk semakin berbenah dan melakukan banyak inovasi menyikapi perkembangan eksternal,” ungkap Sri.

Dirinya menuturkan, berbagai inovasi yang telah diluncurkan menjadikan UT sebagai rujukan bagi perguruan tinggi lain dalam melaksanakan pembelajaran daring.

Adapun peringatan Dies Natalis UT ke-36 ini mengangkat tema “UT Terdepan dalam Inovasi Pendidikan Jarak Jauh”. 

Menurut Sri, tema ini selaras dengan tiga pilar utama yang dijadikan program kerja Rektor UT Ojat Darojat yakni memaknai kembali kewibawaan akademik, peningkatan angka partisipasi mahasiswa, serta peningkatan tata kelola.

Dies Natalis dibuka dengan pelepasan balon UT oleh Rektor UT Ojat bersama para wakil rektor di Kantor Pusat UT, Tangerang Selatan, Rabu (15/7/2020). Acara dibuka untuk kalangan terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kemudian, dilanjutkan dengan orasi ilmiah oleh mantan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Muhammad Nasir. Orasi ilmiah disiarkan langsung melalui Microsoft Teams dan channel UT TV di Youtube.

Pihak kampus juga menyelenggarakan rangkaian webinar dan seminar fakultas melalui serial Knowledge Sharing Forum (KSF).  Beberapa tokoh masyarakat yang sudah hadir pada kegiatan KSF termasuk Ketua Umum Ikatan Alumni UT sekaligus Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko.

KSF ini akan berlangsung setiap minggu hingga akhir Juli mendatang.

Sivitas akademika UT juga dapat mengikuti berbagai lomba. Misalnya, lomba cipta lagu mars UT, serta pemilihan dan pengurus kelompok belajar mahasiswa (pokjar) terbaik, lomba kreativitas blog dan vlog civitas akademika hingga lomba penataan ruang unit.

Terdapat pula penyelenggaraan acara UPBJJ-UT Terbaik dalam beberapa kategori yakni Dosen Berprestasi, Kaprodi Berprestasi, Tenaga Keuangan Berprestasi, Pegawai Teladan, Tenaga Pengolah Data TIK Berprestasi, Arsiparis Berprestasi.

Tak hanya itu, pihak kampus juga menyelenggarakan lomba artikel jurnal terbaik yang nantinya akan dipublikasikan oleh dosen UT.

Selaras dengan tema inovasi, perayaan Dies Natalis akan menghadirkan lomba inovasi layanan UT.

Peserta acara juga berkesempatan untuk bertemu tokoh masyarakat secara daring dan menyaksikan penerbitan artikel ilmiah populer di media massa nasional.

“Puncak peringatan Dies Natalis UT ke-36 akan dilaksanakan virtual pada 4 September 2020 dengan peluncuran buku dan video UT 36 tahun, serta memperdengankan pertama kalinya secara resmi Mars UT melengkapi Hymne UT yang sudah ada sebelumnya,” kata Sri.