Deretan Buah dan Sayur yang Bisa Membantu Mengatasi Dehidrasi

Beberapa waktu belakangan, cuaca sangat terik terjadi pada sejumlah daerah di Indonesia. Tingginya suhu udara ini bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan pada seseorang.

Salah satu masalah kesehatan yang rentan terjadi pada saat ini adalah hilangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Kurangnya air dalam tubuh ini bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan serta menurunnya daya konsentrasi.

Salah satu cara paling banyak dilakukan dan bermanfaat untuk atasi dehidrasi ini adalah minum air. Namun ternyata terdapat beberapa sayur dan buah yang bisa membantu mengatasi masalah ini.

Konsumsi buah dan sayur bisa jadi cara mengatasi dan mencegah terjadinya dehidrasi pada saat cuaca sedang panas. Dilansir dari India Times, berikut sayur dan buah yang bisa membantu menghindarkan kamu dari masalah dehidrasi.

Mentimun

deretan buah dan sayur yang bisa membantu mengatasi dehidrasi

Mentimun mengandung potasium yang membantu menjaga keseimbangan mineral di dalam tubuh sehingga mampu menghindarkanmu dari dehidrasi. Mentimun juga kaya akan zat lipid yang disebut dengan sterol yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Semangka

Semangka adalah buah yang tinggi akan kadar air di dalamnya. Selain itu buah ini juga rendah akan kalori sehingga minum jus semangka di siang hari baik untuk menyegarkan tubuh.

Stroberi

deretan buah dan sayur yang bisa membantu mengatasi dehidrasi

Tidak hanya memiliki kandungan air yang tinggi, buah ini juga kaya dengan vitamin C dan antioksidan. Zat ini mampu menjaga kekuatan ligamen dan memperbaiki struktur kulit yang terbakar sinar matahari.

Tomat

Selain mampu menghindarkanmu dari dehidrasi, tomat juga membantu memerangi kanker dan sejumlah penyakit lainnya. Kandungan lycopene yang tinggi juga dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain banyak-banyak mengonsumsi air, sayur dan buah tersebut juga bisa kamu konsumsi untuk atasi dehidrasi. Asupan air yang cukup pada tubuh bisa membantu menjaga aktivitasmu sehari-hari dan terhindar dari berbagai masalah lain.

Baca juga:
Cegah Anemia, Pastikan untuk Tetap Konsumsi Protein Hewani
Pasien Kanker Prostat Tidak Perlu Takut untuk Konsumsi Daging
Pastikan untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak agar Terhindar dari Anemia

Berita terkait: