Dapur Umum Tetap Disiagakan di GOR Otista hingga Akhir Februari

Dapur umum di posko induk pengungsi banjir di GOR Otto Iskandar Dinata (Otista), Jakarta Timur akan tetap disiagakan hingga akhir Februari 2021. Posko itu didirkan untuk melayani pengungsi akibat banjir Sabtu (20/2/2021) hingga Minggu (22/2/2021). Hal itu diungkapkan Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur Purwono.

“Walaupun pengungsi sudah tak ada, dapur umum akan disiagakan terus hingga akhir Februari,” katanya saat ditemui di lokasi, Senin (22/2/2021).

Purwono mengatakan, saat ini tempat pengungsian banjir di GOR Otista telah kosong. Sejumlah pengungsi yang seluruhnya merupakan warga Bidara Cina, dan Kampung Melayu, Jakarta Timur telah meninggalkan posko untuk membersihkan rumah mereka.

BACA JUGA

Pengungsi Sudah Kembali ke Rumah

Meskipun para pengungsi sudah pulang, dapur umum tetap beroperasi seperti biasa guna mempersiapkan dan mendistribusikan makanan kepada korban yang masih belum bisa beraktivitas secara normal.

Menurut Purwono, dapur umum ini bukan hanya memasok makanan bagi korban banjir di Bidara Cina, melainkan juga sejumlah daerah lain seperti Kampung Melayu, Kelurahan Makassar, Cipinang Muara dan lainnya.

“Per hari bisa kirim nasi kotak sekitar 2.800-an, itu sudah termasuk makan pagi, siang, dan malam Jumlah itu untuk disalurkan kepada sekitar 1.600-an warga terdampak banjir,” katanya.

BACA JUGA

Pengungsi Positif Covid-19 Langsung Dirujuk ke Wisma Atlet

Pantauan di lokasi, sebanyak 35 orang bahu-membahu menyediakan makanan di dapur umum tersebut. Mereka mempunyai peranan masing-masing, ada yang memasak, mengemas sampai mendistribusikan ke korban banjir di beberapa wilayah di DKI Jakarta.

Para tenaga di dapur umum ini terdiri dari Taruna Tanggap Bencana (Tagana), Suku Dinas Sosial DKI Jakarta, relawan dan unsur lainnya.

GOR Otista telah dijadikan posko pengungsi banjir di Bidara Cina sejak Sabtu (20/2/2021) pagi. Banjir yang merendam kelurahan ini imbas luapan Sungai Ciliwung yang berhulu di sekitar Depok dan Bogor, Jawa Barat.

Berita terkait: