Dalam 3 Minggu, Jacinda Ardern Akan Bentuk Pemerintahan Selandia Baru

Jacinda Ardern akan membentuk pemerintahan Selandia Baru dalam waktu 3 minggu setelah kemenangan bersejarah dalam pemilihan umum. Namun pada Minggu (17/10), Ardern menolak untuk memastikan pemerintahan sendiri atau membentuk koalisi.

Pada Sabtu (16/10), Ardern mengantar kemenangan pemilihan terbesar untuk Partai Buruh kiri-tengahnya dalam setengah abad. Mayoritas baru di parlemen akan memungkinkan Ardern membentuk pemerintahan satu partai pertama sejak Selandia Baru mengadopsi sistem pemungutan suara proporsional pada tahun 1996.

“Sementara akan ada tiga minggu lagi sebelum kami mendapatkan hasil akhir itu, harapan saya adalah kami akan mengerjakan formasi pemerintah dalam kerangka itu,” kata Ardern saat konferensi pers.

Partai Buruh memenangkan 64 dari 120 kursi di parlemen unikameral negara itu. Selama tiga tahun terakhir, Ardern berkoalisi dengan Partai Hijau dan Partai Nasional Selandia Baru yang nasionalis. Meskipun tidak lagi membutuhkan dukungan, koalisi adalah hal yang biasa di Selandia Baru karena partai-partai ingin membangun konsensus.

“Saya telah menjadi pembangun konsensus tetapi saya juga harus bekerja dengan amanat yang diberikan Buruh juga. Saya telah mengatakan kepada Partai Hijau bahwa saya akan berbicara dengan mereka minggu depan. Saya tidak ingin menarik kesimpulan apa pun pada saat ini,” tambah pemimpin berusia 40 tahun tersebut.

Berita terkait: